Proses Pencarian Nada Daun Gamelan Rindik

This post was written by dikiputra on April 11, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

Om Suastiastu semeton jumpa lagi dengan saya man diky, kali ini saya akan melanjutkan proses pembuatan daun gamelan rindik ini pada bagian pencarian nada daun gamelan. Pada video sebelumnya saya memberikan informasi mengenai proses pertama pembuatan daun gamelan rindik namun hasilnya belum dapat digunakan atau belum bernada.

Kali ini mari kita bahas mengenai proses pencarian nada daun gamelan agar dapat digunakan atau dipukul, daun gamelan rindik yang baik adalah daun gamelan yang memiliki nada sesuai dengan nada yang diinginkan atau lebih tepatnya tidak terlau rendah mmaupun tidak terlalu tinggi maka dari itu tentu pembuatan daun rindik ini melalui proses yang panjang.

Pada proses pencarian nada daun gamelan ini saya dan rekan saya akan menggunakan salah satu daun sebagai alat ukur atau patokan untuk menyesuaikan dengan nada yang diinginkan, kami mengerot pada bagian depan bambu tterlebih dahulu agar mencapai bentuk yang proposional, dalam artian bentuk daun dirapikan pada bagian sisi sisinya agar menghasilkan nada daun terlebih dahulu. Setelah nada daun sesuai dengan patokan nada yang digunakan, daun gamelan ini belum juga dapat digunakan karena bagian resonator belum di beri nada yang belence dengan nada daun . Dari pada panjang lebar kita saksikan saja videonya.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address