Pembuatan Suling Gong Kebyar

Suling adalah instrumen aerophone, yaitu seruling bambu yang prinsipnya adalah end blow flute, memakai enam buah lubang nada, dan satu lubang pemanis untuk menimbulkan bunyi. Suling Bali memakai siwer, dan mempunyai teknik permainan yang memerlukan tiupan terus-menerus yang disebut ngunjal angkihan (circular blown breathing), dan dibuat dengan bermacam-macam ukuran, dari ukuran besar dan panjang, menengah… Lanjutkan membaca Pembuatan Suling Gong Kebyar

Gender Wayang-Tabuh Pakang Raras

Gender adalah nama dari sebuah tungguhan gamelan yang berbentuk bilah (metalophone). Kata gender biasanya dirangkaikan dengan kata rambat dan wayang yang mempunyai bentuk, laras, dan fungsi yang berbeda. Gender Wayang adalah nama dari salah satu tungguhan gender yang berbilah sepuluh dan berlaras selendro. Spesifikasi Gender Wayang adalah sebuah tungguhan gender yang dipakai untuk mengiringi pertunjukan… Lanjutkan membaca Gender Wayang-Tabuh Pakang Raras

Pola Kekendangan Pengipuk Kebyar Duduk

Tari Kebyar Duduk. Dunia kesenian Bali pernah memiliki seniman besar bernama I Ketut Marya. Saking besar namanya, dunia barat menjulukinya The Great Mario. Asupan tari-tarian klasik semenjak muda telah menstimulasi, terlebih saat nuansa ritmis dan dinamis dari Gong Kebyar menyentuh sisi estetis Marya. Ia pun berolah rasa, bergerak meletupkan ekspresi hingga terciptalah sebuah tari baru,… Lanjutkan membaca Pola Kekendangan Pengipuk Kebyar Duduk

Tabuh Petegak Palegongan Sekar Gendot

Gambelan pelegongan yaitu salah barungan gamelan Bali yang biasanya dipakai untuk mengiringi tarian legong keraton.Kesatuan barungan ini terdiri dari pada jumlah alat-alat yang mempunyai nama-nama tersendiri dan fungsi terhadap kesatuan barungannya. Gamelan ini termasuk ke dalam kategori gamelan madya yang berlaraskan pelog 5 nada. Secara fisik gamelan Pelegongan adalah Semar Pagulingan tanpa trompong. Gamelan Pelegongan… Lanjutkan membaca Tabuh Petegak Palegongan Sekar Gendot

Pola-Pola Mekendang Tunggal Dalam Gamelan Bali

Kendang tunggal adalah sebuah istilah yang di dalamnya terdapat pupuh kekendangan. Pupuh Kakendangan secara kebahasaan (etimologi) berasal dari kata pupuh dan kakendangan. Pupuh merupakan cabang seni karawitan yang menggunakan suara manusia sebagai media ungkap. Dewasa ini permainan kendang tunggal banyak digunakan dalam gamelan Gong Kebyar, terutama dimainkan pada bagian-bagian lagu yang berirama pendek seperti lagu… Lanjutkan membaca Pola-Pola Mekendang Tunggal Dalam Gamelan Bali

Terbaik 3 !! Penampilan apik dari UMC Denpasar di malam grand final liga musik kampus 2020

Penampilan apik dari wakil Denpasar Bali pada ajang Liga Musik Kampus 2020 memperoleh juara ke 3. UMC atau Unity Music of Creative membawakan 2 materi lagu yaitu lagu Manuk Dadali dan Lagu Budaya Nusantara. Dengan perpaduan instrumen klasik ( Pemade Gong Kebyar) dengan instrumen modern (Gitas, Bass, Drum) membuat juri terpukau pada saat itu. Lagu… Lanjutkan membaca Terbaik 3 !! Penampilan apik dari UMC Denpasar di malam grand final liga musik kampus 2020

LAGU MERAH PUTIH

Nama I Gede Dharna sudah tak asing dikalangan seniman dan budayawan di Bali. Dharna juga dikenal sebagai veteran yang aktif bergiat dalam kesenian sastra, terutama sastra Bali. Dharna mempunyai tiga anak dengan enam cucu. Almarhum memang tetap tinggal di lingkungan atau kecamatan Sukasada sejak dilahirkan hingga mempunyai cucu. Dengan melahirkan segudang karya seni yang dimiliki,… Lanjutkan membaca LAGU MERAH PUTIH

Halo dunia!

Selamat datang di Blog.isi-dps.ac.id. Ini adalah artikel pertama Anda. Edit atau hapus artikel ini, dan mulailah menulis!