SEJARAH GAMBELAN SEMAR PEGULINGAN DI BANJAR RAKARAI DESA ADAT BANGBANG

This post was written by dewamademerta on Oktober 25, 2012
Posted Under: Tak Berkategori

Karawitan adalah salah satu seni budaya yang ada di Pulau Bali ini. Karawitan atau sering disebut dengan gambelan sangat di sakralkan dan memiliki arti seni yang sangat tinggi. Dengan perpaduan suara dari gambelan dengan nada-nada yang estetis dan membuat para pendengar menjadi terkagum – kagum dan terkesima menyaksikan mendengar seni budaya ini. Gambelan ini juga memiliki sejarah tersendiri dalam pembentukan gambelan, antara lain, Seperti di desa bangbang Banjar rakarai Kecamatan tembuku, Kabupaten Bangli. Sejarah pembentukan gambelan di Banjar rakarai di mulai dari tahun 2000,semua warga di banjar rakarai pada saat itu sangat ingin sekali memiliki barungan gambelan semar pegulingan. Dari hasil peparuman tersebut dapat di ambil keputusan mengumpulkan dana untuk membeli gambelan dengan sistem peturunan dan donatur. Sehingga dapat membeli 1 barung gambelan semar pegulingan.Sejak saat itu Banjar rakarai sudah memiliki gambelan dan di bentuklah sekaa gambelan (sekaa gong).

Belum lama ini Gamelan semar pegulingan di banjar rakarai mengalami renovasi total yaitu awalnya pelawah gambelan tersebut diukir tpi sekrang pelawah tersebut tidak di ukir dan tidak di perade,jadinya gambelan tersebut terlihat lebih klasik. Lokasi pergantian pelawah tersebut diganti di rumah dewa ketut kadiri bersama kariawannya. Pergantian tersebut memerlukan waktu sekitar 3bulan, untuk pelestarian dari gambelan atau budaya ini .Tokoh masyarakat yang berjasa dalam pembangunan keberadaan semar pegulingan yang ada di banjar rakarai yaitu :

Dewa Gede Darmayasa,yaitu sbagai penggagas pertama membeli semar pegulingan. Asal usul beliau antara lain:

*Nama       =  I  Dewa Gede Darmayasa, S.Skar. M.Fil.H

*tgl lahir    =   Bangbang 28, februari,1965

*Alamat     =   Br. Rakarai , bangbang ,Tembuku,Bangli

*Pekerjaan =   Guru

*Status         = sudah kawin.

 

Beliau  menjadi penggagas tentang adanya semar pegulingan di banjar rakarai karena bliau ingin mengembangkan seni karawitan agar tidak pakumnya kesinin di banjar rakarai dan Dewa Gede Darmayasa menjadi ketua ske gong semar pegulingan di banjar rakarai.Di banjar saya beliau termasuk orang yang ekonominya berkecupan,,itulah sebabnya beliau bisa mengabdi pada masyarakat dengan maksimal tanpa menghiraukan pekerjaan pribadinya,dan nilai plesnya beliau termasuk orang yang loyal terhadap masyarakat

Kondisi setelah adanya semar pegulingan di banjar rakarai

Setelah adanya semar pegulingan mulai tahun 2000,sudah mulailah muda-muda yang mau belajar menabuh. Gending yang dicari yaitu gending-gending untuk ngayah-ngayah di pura saja antara lain:

  1. Selisir.
  2. Lengker.
  3. Godeg miring.
  4. Sekar gadung.
  5. Gending-gending untuk mengiringi prembon dll

baru-baru ini saya mulai mengumpulkan pemuda rakarai untuk mencari generasi muda belajar memainkan gambelan ini. Saya beserta pemuda dirakarai  melaksanakan latihan gambelan ini, untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat agar tidak pakumnya kesenian menabuh di Banjar rakarai.

 

Instrumentasi

  1. Sepasang kendang kerumpungan (lanang wadon) berukuran sedang
  2. Dua tungguh Jegogan Dua tungguh jublag
  3.  Satu tungguh terompong
  4. empat tungguh gangsa pemade
  5. empat tungguh gangsa kantilan
  6. Sepangkon ceng-ceng ricik
  7. Satu tungguh Klenag
  8. Satu tungguh Tawa-tawa
  9. Satu tungguh gong
  10. Tiga buah suling

Gambelan ini  selain digunakan untuk upacara di pura – pura juga dapat digunakan dalam acara – acara tertentu seperti : mengiringi pementasan tari – tarian, calonarang, tari lepas, tari topeng dan segala jenis pertunjukan seni lainnya yang menyangkut karawitan. Karena warisan budaya ini nantinya akan diwariskan kepada kami. Itulah sejarah gambelan semar pegulingan di desa bangbang banjar rakarai di. Seni budaya di Bali sangat beraneka ragam dan sangat di sakralkan. Para generasi muda harus bisa menjaga dan melestarikan budaya ini agar tidak hilang ditelan jaman. Narasumber Dewa Gede Darmayasa.

 

foto gamelan semar pegulingan di banjar rakarai :

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address