Categories
Tak Berkategori

Deskripsi Singkat Tari Baris Tunggal

Kiranya belum begitu banyak generasi sekarang yang mengetahui tentang tarian baris,beberapa jenis tarian baris yang ada ataupun yang pernah ada di bali. Demikian pula halnya dengan tarian jauk. Apabila kita layangkan pikiran kita ke masa depan,kita seolah – olah merasa prihatin terhadap ke punahan tarian – tarian tersebut.Apalagi generasi mendatang,generasi sekarang sekarang saja belum begitu banyak mengetahui tentang tari baris.Mudah-mudahan keprihatinan ini tidak terjadi dan warisan budaya tersebut bias di laksanakan secara berkesinambungan.

Masyarakat Bali mengenal banyak tari yang berfungsi sebagai seni sakral maupun seni fropan seperti tari truna jaya,margapati,sangiang,joged,gandrung,topeng pajegan,baris,jauk,dan sebagai nya.

Biasanya tari – tarian tersebut tanpa menggunakan suatu lakon,sedangkan yang menggunakan lakon atau cerita tertentu seperti legong,topeng prembon,arja,drama gong,calonarang,wayang wong,wayang parwa,cupak granting,dan lain sebagainya.

Wayan Warna menguraikan/mengartikan kata baris sama dengan “leret” dan di berikan pula berupa batasan tentang baris,adalah tari tunggal menirukan gerak pahlawan dalam peperangan atau tarian ke agaman yang ditarikan berpasangan dengan membawa alat – alat perang seperti : bandrangan,cendekan,dadap,perisai,tombak,tamiang dan di mainkan oleh laki-laki.

Tari baris tunggal merupakan tari baris yang sering di pertontonkan.Di maana tarian ini menceritakan tentang seorang prajurit yang gagah perkasa dan berwibawa.oleh karena itu gerak tari Baris Tunggal,sangatlah tegas dan enerjik.Dalam tari Baris Tunggal,di bagi menjadi 3 babak,yaitu :

  1. Papeson
  2. Pelayon
  3. Pekaad

Busana yang di gunakan adalah sangat lengkap terdiri dari :

  1. Badong
  2. Awir
  3. Lamak
  4. Celana panjang
  5. Baju bludru
  6. Stewel
  7. Gelang kana
  8. Gelungan
  9. Keris

10.   Kamben

11.   Angkeb tundu

Gambelan yang di gunakan untuk mengiringi tari Baris Tunggal,yaitu :

  1. Gong kebyar
  2. Semar pegulingan
  3. Palegongan
  4. Angklung kebyar
  5. Gong suling
  6. Gong gede
  7. Cumang kirang
  8. Gambelan pajogedan
  9. Gambelan pegandrungan

Komposisi tabuh yang di gunakan untuk mengiringi tari Baris Tunggal biasanya terdiri atas :

  1. Gilak papeson
  2. Gilak bapang
  3. Gilak pekaad

Demikian lah yang bisa saya sampaikan sedikit tentang tari Baris Tunggal,kalo ada kesalahan dan kekurangan,saya memohon maaf.Terimakasih

Kepustakaan

  • Koentjaraningrat,1972 Beberapa Pokok Antropologi Sosial.Jakarta :Dian Rakyat.2000. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan .Jakarta : Grame dia Pustaka Utama
  • Prakempa : Sebuah Lontar Gambelan Bali. Denpasar : Percetakan Bali, 1986