Categories
Tulisan

DATA ORGANISASI DI BANJAR UMAHANYAR DESA ADAT TEGAL-DARMASABA

Adapun  Organisasi yang ada di banjar umahanyar yaitu :

 

1 . STT. LAKSANA UMBARA

Menyadari bahwa pemuda adalah sebagai generasi penerus bangsa, maka para generasi muda semestinya harus mulai mempersiapkan diri, guna ikut mengisi pembangunan bangsa, hal mana adalah menjadi tanggung jawab kita bersama.

Dengan wara nugraha Ida Sang Hyang Widhi Wasa /Tuhan Yang Maha Esa pada hari minggu tanggal 27 agustus 1978 melalui suatu rapat terbentuklah “ RUKUN PEMUDA PEMUDI LAKSANA UMBARA “.

Organisasi pemuda pemudi ini merupakan organisasi  pemuda yang berazaskan pancasila dan berdasarkan Undang-undang dasar 1945 serta berpedoman pada garis-garis besar haluan negara untuk mengajak para pemuda pemudi ikut berpartisipasi dalam pembaharuan dan pembangunan terutama di banjar umahanyar.

Sesuai dengan pokok-pokok pikiran tersebut diatas agar rukun pemuda pemudi Laksana Umbara dapat menempatkan dirinya sesuai dengan tingkat pembangunan yang dicapai maka disusunlah anggaran dasar dan aturan rumah tangga sebagai pedoman.

Adapun kegiatan-kegiatan yang sering dibuat dan diikuti oleh pemuda pemudi Laksana Umbara antara lain :

–        Pordes/Porseni

–        Bazar

–        Ulang Tahun

–        Memperingati hari kemerdekaan RI lewat berbagai kegiatan lomba di lingkungan banjar/desa.

 

 

 

 

2. SEKEHA GONG “ ADNYANA SARI “

 

Gamelan Warisan Karama Banjar Umahanyar

Sebelum karama banjar umahanyar mempunyai gamelan gong,karama banjar sebelumnya sudah   mempunyai gamelan yang diwarisi dari dulu atau dari Penglingsir yaitu  “ BATEL JANGKEP “ .

– Sekeha Gong Banjar Umahanyar

Sekeha Gong ini dinamakan Sekeha Gong “ Adnyana Sari “  yang mempunyai anggota banyaknya 85 orang yang berasal dari karama banjar umahanyar.

 

Sekeha Gong Adnyana Sari adalah salah satu unit organisasi sosial kemasyarakatan yang terdapat pada lingkungan Banjar Umahanyar,Desa adat Tegal – Darmasaba. Sebagai salah satu organisasi sosial kemasyarakatan, sekeha gong ini memiliki tugas dan tanggung jawab di bidang seni karawitan yaitu melaksanakan fungsi dan kewajiban untuk mengiringi aktivitas ritual keagamaan serta aktivitas sosial lainnya yang terjadi di lingkungan banjar umahanyar dan di Desa Adat Tegal-Darmasaba.

Sekaa gong ini didirikan pada tanggal 27 Juli 1991.sekeha gong ini telah menunjukkan peran yang sangat penting dan menjadi salah satu sekeha gong yang terkemuka di lingkungan Desa Adat Tegal. Salah satu prestasi yang sangat penting dicapai adalah keberhasilan memenangkan seleksi gong kebyar se Kabupaten Badung dan selanjutnya ditunjuk sebagai Duta Kabupaten Badung pada Parade Gong Kebyar PKB ke-XXXIII tahun 2011. Keberhasilan sekaa gong ini mencapai prestasi tersebut tidak terlepas dari adanya suatu sistem pembinaan yang berkelanjutan dari generasi ke generasi .

.