belajar tehnik dasar bermain bass

Kecenderungan saat ini, orang mencari cara termudah dan tercepat dalam belajar bermain musik, termasuk gitar bass. Gitar bass merupakan salah satu instrumen musik yang sangat penting peranannya dalam memberikan nuansa alunan musik dengan nada lebih rendah sebagai pengisi dan pemberi tempo nada. Untuk mempercepat teknik dalam bermain bass tentunya kita harus tahu basic – basic dalam bermain gitar bass. bass adalah alat musik yang menggunakan dawai ato senar sebagai sumber suara. Hanya saja bass memakai 4 (senar paling atas kalo ada di gitar), yaitu senar E yang paling rendah, senar A, senar D dan senar G yang paling tinggi. Susunan senar pada bass (4senar) juga dimulai dari senar 6=E, 5=A, 4=D, dan 3=G. Begitu juga dalam penulisannya pada tablature, bass hanya menggunakan 4 garis yang mewakili senar-senar tersebut. Sebagian bass terdiri dari 5 senar yaitu diatas senar E ditambah 1 senar lagi B.berikut penjelasannya :
Teknik gitar bass sebenarnya sama dengan teknik bermain gitar biasa yaitu mempunyai:

1. Strumming Technique yaitu teknik pemetikan gitar.
2. Scale Technique yaitu peta nada antara fret 1 ke fret yang lainnya.
3. Chord Technique yaitu gabungan dari dua nada atau lebih dalam satu suara.

Strumming Technique
Teknik Strumming dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
Alternate Picking: teknik ini biasa disebut fingering yaitu teknik ini sangat sering dimainkan oleh semua bassist dan termasuk hal yang mendasar dalam bermain bass yaitu dengan cara memetik bass dengan dua jari atau sampe 4 jari secara bergantian.
Up Down Thumb, teknik strumming ini biasanya menggunakan jempol untuk memetik string bass. Teknik ini biasanya sering dimainkan oleh Thomas Gigi, Victor Wooten، dll.
Slaping dan Poping, teknik Slap adalah cara memainkan bass dengan cara jempol seperti menampar string bass. Jika anda sering mendengarkan lagu – lagu dari Red Hot Chili papper mungkin anda akan kenal dengan teknik ini. Popping adalah teknik bermain bass dengan cara menarik string lalu melepaskannya dengan cepat sehingga string beradu dengan fret. Teknik Poping ini biasanya sering dikombinasikan dengan slap untuk mendapatkan karakter suara bass yang unik. Teknik Slap dan Pop ini biasanya digunakan untuk aliran musik Funky, Jazz, Blues, Rock dan lainnya.

Teknik Scale, Seperti halnya pada gitar, gitar bass memiliki scale dasar untuk melodi lagu, yaitu scale dasar Mayor dan scale dasar Minor.Perbedaan dari Scale Mayor dan Minor adalah pada nada ke 3 (Mi) dan nada ke 6 (La) nadanya direndahkan 1/2 nada atau diturunkan 1 fret. Berikut contoh perbedaannya:

 

 

 

Scale Technique

 
Susunan nada Mayor:

Do     Re     Mi     Fa    Sol     La     Si     Do’
1        1      1/2     1       1       1       1/2

 
Susunan nada Minor:

Do     Re     Mi     Fa    Sol     La     Si
1        1/2      1     1       1/2       1       1

 

 

Scale Dasar C Mayor, C-D-E-F-G-A-B-C’
——————–2–4–5-                   ———————–4–5-
———2–3–5————       atau       ————3–5—7——–       dan lainnya
–3–5———————-                      –3–5–7——————-
—————————–                    —————————–

Scale Dasar C Minor, C-D-D#-F-G-G#-A#-C’

———————–3–5-                   ————————————
————3–5—6——–       atau       —————————-8–10-       dan lainnya
–3–5–6——————-                      ————–8–10–11———
—————————–                    —8–10–11———————

Chord Technique
Teknik Chord dibagi menjadi 2 jenis yaitu Mayor dan Minor. Pijakan Chord Mayor ataupun Minor nadanya diambil pada tangga nada diatonis, yang berfungsi sebagai penanda pijakan/langkah chord Mayor. Nada yang diambil sebagai pijakan adalah nada 1 (Do), nada 3 (Mi) dan nada ke 5 (Sol) yang membedakan dari Mayor dengan Minor yaitu di nada ke 3 (Mi) yang Minor lebih rendah 1 fret dari Mayor berikut contoh tablaturnya:

 

 

Chord Dasar C Mayor, C-E-G
————— ————-
——2—5— atau ————- dan lainnya
–3———– –3–7–10–
————– ————-

Chord Dasar C Minor, C-D#-G

————— ————-
———-5— atau ————- dan lainnya
–3–6——– –3–6–10–
————– ————-

beberapa macam teknik bermain bass :
1. Up Down Thumb
Dalam teknik ini kita gunakan jempol kita sebagai pick, sedang keempat jari2 yang lain kita pake buat memetik, mirip kayak bermain gitar lah… Jadi kalo biasanya kita menggunakan telunjuk dan jari tengah buat metik bass (alternate picking) maka dalam teknik ini kita ganti dengan jempol.

2. SlappingTeknik menampar pada bass. Jadi memainkan bass dengan cara memukul bass dengan jempol atau telapak tangan, dan bunyi yang dihasilkan jadi kayak perkusi gitu. Si om Flea bassistnya Red Hot Chilli Peppers yang biasanya suka pake teknik ini.

3. Popping
Teknik menarik senar dengan jari lalu dilepas lagi hingga beradu dengan fret, jadi suaranya nyaring kayak dua benda yang diadu. Biasanya kita bisa gabungin teknik slapping dan popping, ntar kombinasi suaranya jadi unik. Ada juga teknik popping dengan menarik dua senar sekaligus yang disebut double pluck.

4. Tapping
Teknik ini biasa digunakan pada gitar, tapi ngebasspun bisa pake teknik ini. Caranya: tekan senar dengan ujung jari ke fret bass lalu geser sedikit jari kayak lagi mencolek.

5. Neck BendingKalo dalam gitar kita mengenal teknik bending yaitu mengangkat senar dengan ujung jari, tapi kali ini kita lakukuin itu pada bass. Caranya: pada saat kita memetik, tekan senar yang ada pada headstock (pada ujung bass yang biasanya tempat kita menyetem), ntar bunyi yang dihasilkan seperti mendengung. Pak Billy Sheehan bassistnya Mr. Big sering pake teknik ini.

Perhatikan posisi tangan, gunakan power pada pergelangan tangan, jangan pada lengan. Ingat, sering2lah melakukan senam jari buat pelemasan dan fingering agar gak terjadi cedera pada jari.

Alangkah lebih baiknya bila saat latihan ditemani oleh seorang pemandu yang ahli sehingga dapat mempraktikan tiap teknik dengan benar.

 
Root note

Setiap musik ato lagu menggunakan chord sebagai pengiring. Chord sendiri sebenarnya adalah kumpulan dari paling sedikit 3 nada yang dibunyikan secara bersama ato berdekatan. Bunyi utama yang paling mudah dikenali dari ketiga nada tersebut disebut root note, dan nada kedua berikutnya adalah pelengkap chord yang dapat menghasilkan suasana ato nuansa tersendiri. Misalnya chord C minor (Cm), berarti root note-nya adalah C dan nada kedua berikutnya adalah yang menentukan chord C tersebut menjadi sebuah chord jenis minor.

Nada-nada yang dimainkan pada bass umumnya adalah nada yang berasal dari root note yang merupakan nada utama dari sebuah chord diatas. Jadi gampang aja, kalo mo main bass mesti tau donk chord yang dipake pada sebuah lagu itu apa, tuez tinggal petik aja satu nada C,D,B,A apa aja deh asalkan root note!!! Mainkan nada pas waktu ketukan perpindahan chord. Ditambah nada-nada dengan panduan tertentu untuk improvasi yang bisa dilatih, bass akan mempercantik nuansa yang dihadirkan dalam sebuah lagu. Itu adalah pengertian secara mendasarnya.
Kekuatan bass

Teknik untuk menentukan kapan bass dimainkan menjelaskan bahwa ketukan bass seringkali identik dengan kekuatan pada bass drum lagu. Ketukan seperti ini tampak jelas pada lagu-lagu blues. Bass drum yang sering dimainkan secara seragam juga menunjukan bahwa permainan bass sebenarnya juga dimainkan secara seragam. Hal ini memperjelas bass sebagai iringan lagu sangat penting keberadaannya. Teknik lainnya menjelaskan bahwa menentukan ketukan bass bisa dilakukan dengan memahami tekanan pada tiap-tiap bagian lagu, seperti masuknya bunyi gong pada musik etnik. Pada musik reggae dan ska, basss dimainkan dengan ketukan dan digabung dengan pemilihan nada-nada yang dinamis, sehingga menimbulkan kesan yang unik dan ceria di dalam iringannya yang cenderung monoton.



Tinggalkan Balasan