Sejarah musik Jazz

This post was written by daniswara on Juli 15, 2014
Posted Under: Tak Berkategori

Sejarah Musik Jazz

 

Jazz adalah jenis musik yang tumbuh dari penggabungan blues, ragtime, dan musik Eropa, terutama musik band.

Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.

-Subgenre: Avant-jazz – Bebop – Chamber jazz – Cool jazz – Creative jazz – Dixieland – Free jazz – Gypsy jazz – Hard bop – Jazz fusion – Milo jazz – Modal jazz – M-Base – Smooth jazz – Soul jazz – Trad jazz.

-Genre campuran (fusion):

Acid jazz – Calypso jazz – Jazz blues – Jazz fusion – Jazz rap – Nu jazz – Smooth jazz.

Alat musik/instrumen yang biasanya digunakan dalam musik jazz adalah Gitar – Gitar bass – Saksofon – Trombon – Piano – Klarinet – Terompet – Double bass – Drum – Vokal.

Satu elemen penting dalam jazz adalah sinkopasi.

Bentuk turunan dari musik jazz adalah Jazz Latin – Swing – Mini-jazz

Yang menarik adalah bahwa asal kata “jazz” berasal dari sebuah istilah vulgar yang digunakan untuk aksi seksual. Sebagian irama dalam musik jazz pernah diasosiasikan dengan rumah-rumah bordil dan perempuan-perempuan dengan reputasi yang kurang baik. Dalam perjalanannya kemudian, jazz akhirnya menjadi bentuk seni musik, baik dalam komposisi tertentu maupun improvisasi, yang merefleksikan melodi-melodi secara spontan. Musisi jazz biasanya mengekspresikan perasaannya yang tak mudah dijelaskan, karena musik ini harus dirasakan dalam hati. “Kalau kau menanyakannya, kau tak akan pernah tahu” begitu menurut Louis Armstrong.

Musik Jazz sendiri lahir di Amerika Serikat tahun 1868. Hal itu adalah yang ditulis oleh para peneliti sejarah jazz dan yang telah disepakati oleh berbagai pihak. Walaupun musik jazz lahir di Amerika Serikat, namun kini jazz bukan lagi hanya milik bangsa Amerika, melainkan sudah menjadi sebuah warna musik yang dimiliki oleh seluruh masyarakat dunia.

 

Awalnya, musik jazz lahir dengan dasar Blues. Kemudian pada sekitar tahun 1987 mulai dikenal bentuk Rag Time, yang pada waktu itu berupa permainan piano di bar-bar. Blues dan Rag Time berkembang menjadi Boogie – Woogie. Bentuk-bentuk tersebut selain merambah pada jalurnya sendiri, juga berkembang menelusuri perjalanan musik jazz.

 

Para peneliti musik mengemukakan, bahwa bentuk musik jazz yang dapat dianggap sebagai bentuk awal yang berkembang dari zaman ke zaman sampai bentuk jazz yang ada saat ini, adalah bentuk musik jazz yang terdapat sekitar tahun 1915 – 1917. Pada masa itu, para negro di New Orleans memainkan musik jazz yang memiliki corak yang khas, sehingga dikenal sebagai jazz New Orleans.

 

Para musisi jazz New Orleans, menyajikan penampilan mereka di bar, rumah judi, bahkan tempat-tempat pelacuran yang di masa itu sangat tumbuh subur di New Orleans. Karena dianggap mengurangi perhatian masyarakat terhadap pemerintahan dan banyak terjadinya tindak kriminal, maka pada tahun 1917 tempat hiburan hampir di seluruh New Orleans ditutup. Musik Jazz lalu berkembang keluar dari kota New Orleans.

Para musisi jazz yang berasal dari New Orleans mulai membawa musik jazz menelusuri sungai Mississippi, terus ke arah utara hingga sampai di Detroit. Di tahun 1920-an musik jazz telah berkembang di New York, Cichago, Memphis dan kota-kota besar di Amerika Serikat.

Sumber kebudayaan jazz dapat disimpulkan berasal dari:

Afrika Barat; musik Afrika-Amerika era 1910-an, New Orleans.

Popularitas mainstream, Sporadis, kebanyakan dalam bentuk pop seperti swing; juga semakin berpengaruh dalam bentuk-bentuk musik populer seperti yang dinamakan “perpanjangan jazz”, misalnya rhythm and blues, soul, neo soul, quiet storm, cool jazz, dan smooth jazz

 

Tips Bermain Gitar Bergenre Jazz

Belajar gitar bergenre jazz biasanya merupakan pengembangan dari permainan gitar rock, blues dan genre musik populer lainnya. Permainan gitar merupakan suatu bidang musik dimana harmoni dan improvisasi dapat dibawa ke tingkat yang tertinggi. Oleh karena itulah ide – ide yang Anda dapatkan dari belajar gitar jazz akan sangat membantu Anda terutama yang masih belajar di sekolah musik untuk menjadi pemain gitar profesional.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam mempelajari gitar jazz adalah belajar akord baru dengan membuat suara baru dari bentuk – bentuk akord yang umum. Cara lainnya adalah dengan mempelajari kosakata jazz beserta teknik – teknik para musisi jazz. Meskipun banyak ahli yang menyarankan agar Anda memiliki style sendiri akan tetapi belajar musik dari seorang gitaris ternama yang bermain di jazz adalah cara yang sangat baik untuk memulai dengan style Anda sendiri terutama jika saat ini Anda masih mengikuti Kursus Musik.

Ketika tiba saatnya bagi Anda untuk berimprovisasi dan bermain solo jazz, maka teknik yang harus dipelajari adalah fokus pada mode, scale, melodi dan progresi akord. Jika Anda ingin belajar bagaimana menjadi gitaris jazz yang baik. Anda tidak cukup hanya dengan berbekal beberapa pengetahuan tentang bagaimana bermain gitar yang baik. Anda sebaiknya juga belajar untuk mendengarkan dan bermain dalam batas – batas Anda sendiri. Selain mempelajari scale dan dasar – dasar lainnya, Anda juga harus fokus pada lagu yang bisa digunakan untuk bahan belajar. Pemilihan lagu akan mencerminkan karakter musik yang ingin Anda pertahankan dan upayakan untuk membangun sebuah repertoar lagu yang selalu ingin Anda mainkan.

Jika dibandingkan dengan genre musik yang lain musik jazz membutuhkan banyak ketrampilan dan pengetahuan tentang teori musik. Selain menguasai scale yang cukup rumit dan progresi akord dalam musik jazz Anda juga harus mempelajarinya dengan berimprovisasi secara langsung.

Anda juga bisa belajar jazz dengan menonton dan mendengarkan permainan gitaris- gitaris hebat dunia. Dengan menonton video permainan gitar akan sangat membantu Anda dalam mempelajari beberapa teknik permainan gitar jazz dengan tonal dan jari. Anda juga melatih improvisasi vokal dengan cara merekam kemajuan permainan gitar jazz Anda. Dari situlah Anda akan termotivasi lebih lanjut jika Anda melihat kemajuan yang telah Anda raih.

Salah satu hal yang penting untuk Anda pahami dalam mempelajari gitar jazz adalah akord gitar dasar dan formasi akord yang akan membuat suara musik menjadi lebih jazzy dan scale yang berbeda digunakan dalam genre musik ini. Akord gitar dasar yang digunakan dalam musik jazz adalah Mayor tujuh, Mayor enam, dan Mayor 6-9. Akan tetapi Anda juga harus belajar lebih dari satu scale untuk berimprovisasi dengan lebih baik. Dengan mempergunakan arpeggio untuk improvisasi di musik jazz juga dapat membantu dalam permainan solo sehingga permainan akan terdengar lebih baik.

Menguasai Alat Musik Pengiring Musik Jazz

Jazz merupakan salah satu genre musik populer yang sangat berkelas. Pasalnya dalam menguasai musik jazz dalam bidang tarik suara, biasanya memiliki suara yang khas yang jarang dimiliki kebanyakan orang. Ciri khas tersebut membuat karakter dari genre musik jazz sendiri berkelas tinggi. Dalam belajar musik jazz sendiri kita harus memiliki dasar memiliki kekhasan dari suara kita.

Tak sedikit orang yang ingin memiliki suara khas bergenre musik jazz. Namun, kekhasan tersebut memang tidak dimiliki oleh semua orang. Pada akhirnya banyak yang memilih belajar alat musik yang biasanya mengiringi musik jaz, seperti gitar, trombon, piano, saksofon, dan trompet. Dan banyak yang mempelajari alat musik tersebut di sekolah musik untuk memunculkan totalitasnya dalam mengiringi musik jazz.

Dalam mempelajari alat musik pun kita sebenarnya tidak hanya akan menguasai satu genre musik saja. Namun kita juga bisa mengiringi berbagai genre musik lainnya, tapi memang jika kita fokus pada genre musik yang kita gemari maka totalitas yang kita inginkan dalam bermain musik akan menghasilkan penampilan yang spektakuler, karena kita menjiwainya sesuai dengan yang kita gemari.

index jazz

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Next Post:
Previose Post: