Musik Sebagai Sarana Pendidikan

This post was written by daniswara on Juli 15, 2014
Posted Under: Tak Berkategori

Musik sebagai sarana Pendidikan

Musik sebagai saran pendidikan tentu saja akan sangat baik , dimana musik akan mampu meningkat kan otak manusia untuk lebih berfikir , mengrileks kan segala fikirian . Musik juga dapat membantu anak-anak dalam perkembangan nya , tentu saja musik yang baik untuk anak-anak adalah contoh lagu alpabet , 1 + 1 dll . Dimana si anak akan merangsang otaknya agar mengetahui isi dari lagu itu tersebut dan membantu mereka di dalam pelajaran untuk pendidikan nya . nah sekarang bagaimana bila anak mendengarkan lagu yang tidak baik untuk pendidikan nya misalnya lagu dangdut contoh cinta satu malam ? menurut saya mungkin mereka belum mengerti tentang apa makna isi dari lagu tersebut tapi si anak akan mulai berfikiran kurang cerdas dan mengikuti apa yang ada di isi lagu tersebut tentu saja peran orang tua sangat dibutuhkan di sni agar anak tidak mendengarkan lagu tersebut yang akan berdampak buruk bagi pendidikan nya .

Di dunia pendidikan musik sangat membantu sekali karena biasanya sekolah sering mengadakan atau mengkombinasikan segala acaranya dengan musik sebagi hiburan untuk siswa dan gurunya . Selain itu juga musik membantu anak-anak untuk mendapatkan prestasi dia di luar sekolah , jadi anak mendapatkan karakter dia sendiri dengan bermain musik di luar sekolah sehingga anak akan dapat bersolisasi dengan teman-teman nya .

Kita tak bisa pungkiri bahwa musik sangat berpengaruh terhadap pendidikan di indonesia kenapa saya mengatakan demikian ? karena musik akan meningkatkan kinerja otak kanan kita agar lebih baik lagi dan musik memberikan sesuatu yang berbeda bagi peminatnya seperti saya .

Jadi , bisa kita simpulkan bahwa musik sebagai saran pendidikan adalah sangat mendukung tergantung dari musik/lagu yang kita dengarkan akan menuntun kita , misalnya kamu lagi galau kemudian kamu dengarkan lagu cinta yang sedih-sedih maka apakah yang terjadi dengan kamu ? dan kemudian sebaliknya kamu lagi galau dan kamu mendengarkan lagu yang semangat contoh ya musik dj apakah yang terjadi dengan kamu ? nah bisa dijawabkan pertanyaan nya , menurut saya seperti itu tergantung lagu apa yang kita dengar maka pendidikan kita pun akan semakin bagus , bagi remaja sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa hampir rata” remaja suka lagu cinta .

idak perlu dipungkiri, musik mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan kita. Dan pengaruh positif musik dalam kehidupan kita merupakan suatu topik menarik untuk dibicarakan. Menarik karena pengaruh positif tersebut relatif tidak terlihat [intangible] walaupun konkrit [dapat kita rasakan]. Pengaruh positif musik tersebut bahkan sudah terjadi pada saat awal perkembangan kita sebagai individu.

Musik terbukti sangat membantu perkembangan otak, perkembangan indera, perkembangan kemampuan bahasa, dan kemampuan sosial anak usia dini [hingga 6 tahun]. Dalam beberapa penelitian neuromusikal, musik terbukti membantu perkembangan otak manusia khususnya pada planum temporale bagian kiri, di mana bagian otak ini berperan besar dalam perkembangan bahasa. Dengan hasil penelitian ini, musik dianggap mampu membantu perkembangan bahasa anak.

Sebuah fakta menarik tentang perkembangan bayi terjadi pada awal abad 20: Di panti-panti asuhan di Eropa dan Amerika terjadi bencana besar di mana angka kematian bayi berusia di bawah satu tahun mendekati 100%, walaupun bayi-bayi itu mendapatkan nutrisi yang cukup. Bencana tersebut mulai dapat teratasi di sebuah panti asuhan di Jerman, setelah pihak panti asuhan menyewa seorang wanita sebagai pengasuh untuk memberikan stimulasi afeksi pada bayi-bayi di sana. Angka kematian yang mendekati 100% tersebut secara drastis menurun setelah bayi-bayi itu diberikan cinta dan sayang oleh si pengasuh.

Bagaimanakah memberikan rasa cinta dan sayang kepada bayi? Tiga cara utama untuk mengkomunikasikan cinta dan sayang kepada bayi adalah melalui berbicara, bernyanyi, dan memberikan sentuhan. Kegiatan musikal dapat dengan baik menyampaikan cinta dan sayang itu kepada bayi. Salah satu metode yang efektif dan sering digunakan adalah motherese. Motherese adalah cara khusus berbicara ibu kepada bayinya. Cara ini sarat dengan elemen musikal melalui variasi tinggi nada suara, irama, dinamika, dan warna suara ibu [atau pengasuh]. Ingat-ingatlah kembali ketika Anda melakukannya pada anak Anda [atau keponakan Anda. Dengan cara ini anak bukan hanya merasakan cinta dan sayang, namun ia juga mulai belajar bahasa lisan.

Rangsangan ritmik pada bayi berupa timangan juga terbukti membantu anak untuk lebih cepat mendapatkan bobot yang optimal. Dalam timangan, anak diajak untuk melibatkan seluruh tubuhnya melakukan gerakan ritmik, gerakan teratur berdasarkan ketukan tertentu. Anak yang mendapat timangan juga akan lebih cepat dalam perkembangan indera penglihatan dan pendengaran, serta terbukti lebih cepat mendapatkan siklus tidurnya.

Kegiatan bermusik juga membantu perkembangan kemampuan motorik anak. Secara alamiah, elemen ritmik pada musik dapat membuat anak menggerakkan tangan, kepala, dan kakinya. Dengan cara yang tepat, rangsangan ritmik pada anak akan membuatnya belajar mengkoordinasi organ tubuhnya untuk berespon atau melakukan sesuatu dengan baik dan benar [memegang sesuatu, melompat, berjinjit, dll.

Melalui musik, anak juga belajar bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Sebagai contoh adalah permainan hom pim pa, dan sut. Dalam permainan ini kemampuan anak untuk mengeksekusi gerakan sesuai ritme sangat diperlukan: jika terlambat akan dianggap curang, jika terlalu cepat akan sangat dirugikan. Hampir seluruh permainan anak-anak yang dilakukan bersama-sama menggunakan musik dalam bentuk gerak dan lagu. Gerak dan lagu ini membantu anak untuk melibatkan aspek motorik, intelektual, dan emosi anak dalam sebuah kegiatan bersama.

Jika kita perhatikan dengan seksama beberapa paragraf di atas, kita dapat melihat bahwa musik dapat membantu anak-anak untuk mengaktualkan potensi motorik, intelektual, dan emosinya. Dan jika kita rujuk pada akar kata pendidikan [Inggris: education, dari bahasa latin: educare yang berarti mengeluarkan, mengaktualkan, dan mengembangkan potensi seseorang] maka musik adalah juga sarana pendidikan bagi anak. Musik dapat membantu anak untuk berkembang, untuk mengaktualkan potensi-potensinya.

musik merupakan suatu karya seni yang menjadi media untuk menggungkapkanperasaan seseorang dengan cara menuangkannya melalui alunan nada ataupunmelodi, baik dalam bentuk vokal maupun instrumental. PendapatAristoteles di atasdapat kita kembangkan untuk mencari fungsi atau manfaat musik.

Pertama

, musikbermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh kita karena musik ternyata bersifat terapeutik dan bersifat menyembuhkan. Menurut

Campbel,

musikmampu menghasilkan stimulan yang bersifat ritmis. Stimualan ini kemudianditangkap oleh pendengaran kita dan diolah di dalam sistem saraf tubuh sertakelenjar otakyang mereorganisasikan interpretasi bunyi ke dalam ritme internal pendengarnya. Ritme internal ini mempengaruhi metabolisme tubuh manusiasehingga prosesnya berlangsung dengan lebih baik. Metabolisme yang lebih baikakan mengakibatkan tubuh mampu membangun sistem kekebalan yang lebih baik.Dengan sistem kekebalaan yang lebih baik, tubuh menjadi lebih tangguh terhadapkemungkinan serangan penyakit.

Kedua,

musik dapat meningkatkan intelegensi karena rangsangan ritmis mampumeningkatkan fungsi kerja otak kita. Ritme internal yang dihasilkan musik membuat saraf-saraf otak bekerja, rasa nyaman dan tenang yang distimulasi musikmembuat fungsi kerja otak bekerja optimal. Bila hal ini sering dilakukan, fungsikerja otak kita akan semakin prima, sehingga kemampuan berpikir kita lebih jernihdan tajam, serta bisa mencegah kepikunan(alzheimer). Perlu kita ketahui bahwa bagian kanan otak kita berkaitan dengan kecerdasan dan perkembangan artistikdan kreatif, bahasa, musik, imajinasi, warna, pengenalan diri, sosialisasi danpengembangan kepribadian. Karena itu, rangsangan ritmis dari musik yangdiperdengarkan juga dapat

meningkatkan kemampuan berbahasa, meningkatkankreativitas, serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat kita.

Ketiga

, musik bisa menimbulkan reaksi psikologis yang dapat mengubah suasanahati dan kondisi emosi,sehingga musik bermanfaat sebagai relaksasi yang dapat menghilangkan stress, mengatasikecemasan, memperbaiki mood dan menumbuhkan kesadaran spiritual. Sebagai sebuah bentuk seni, musik tak hanyamenciptakan harmoni nada yang enak didengar, tetapi juga memberikan kesanindah yang mampu menggugah dan mengantarkan manusia pada kesadaran yangdalam dan penuh, menelusuri lorong-lorong hampa dalam ketidakberdayaan

 

http://pedrysiregar.blogspot.com/2013/04/musik-sebagai-sarana-pendidikan.html

ruangpsikologi.com/pendidikan/musiksebagai-sarana-pendidikan-anak/

blog.umy.ac.id/putrialfa/2014/…/musiksebagai-sarana-pendidikan-anak/

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Previose Post: