Kmentar Video Rekaman ” Tari Sekar Ibing “

This post was written by ciptaadikusuma on Januari 9, 2012
Posted Under: Tulisan

KOMENTAR VIDEO REKAMAN ” TARI SEKAR IBING “

 

Sinopsis

Kehidupan remaja adalah merupakan keunikan yang tiada habisnya untuk diutarakan, inspirasi tatanan pergaulan ketika usia remaja menjadikan sebuah ide dari penggarapan dalam karyanya. Ketika pementasan kesenian sosial dalam bentuk joged bumbung dimana terjadi interaksi antara penari dan penonton, menjadikan sebuah bentuk yang menarik sehingga penggarap mencoba untuk membuat sebuah bentuk tari ibing-ibingan. Tatanan gerak yang diarasemen dengan tabuh yang sederhana mempunyai daya tarik yang mudah dicerna bagi para penikmatnya sehingga melekat dan mudah untuk diingat, dan tarian ini diberi nama Sekar ibing. Tarian ini diiringi Gong Kebyar.

I Nyoman Suarsa (penata tari) dan I Ketut Gede Asnawa (penata iringan).

Tari Sekar Ibing ini dipakai tari kreasi oleh Duta Kota Madya Denpasar, pada parade gong kebyar dewasa tahun 2011. Dari keseluruhan pementasan tersebut sudah sangat bagus, tetapi ada sedikit kekurangan dan kesalahan yang perlu saya komentari.

 

Komentar:

Saya hanya sedikit mengomentari tari kreasi sekar ibing yang dibawakan Duta Kodya Denpasar di Arda Candra, yaitu:

  1. Dari segi tata lampu yang sudah bagus, tetapi penerangan di bagian belakang kurang tertata gelap, sehingga panggung cuma kelihatan di bagian tengahnya terlalu terang dibagian belakang gelap, dimana panggung menjadi tidak seimbang. Kalau bisa penataan lampu harus merata,walaupun di bagian belakang tidak ada penari, tetapi tetap disinari lampu, biar terjadi keseimbangan.
  2. Kadang-kadang lampu dibagian tengah terlalu terang, sehingga penari kelihatan terlalu putih dan wajah penari tidak jelas.kalau bisa, tolong sesuaikan penataan lampu biar kelihatan bagus dan terjadi keseimbangan.
  3. Pada saat pementasan tari tersebut, penabuhnya kurang kelihatan, walaupun ini pementasan tari, tidak seharusnya tariannya saja  yang dimunculkan kamera, tetapi iringan tarinya atau penabuhnya juga dimunculkan biar seimbang antara tarian dan iringan tarinya.

Kesimpulan:

Jadi menurut saya pementasan Tari Sekar Ibing yang dibawakan Duta Kodya Denpasar di Parade Gong Kebyar tahun 2011 sudah sangat bagus walaupun ada sedikit kekurangan di pengambilan gambar dan tata lampu. Karena pementasan apapun tata lampu sangat berperan, dimana tata lampu yang dapat membentuk suasana pementasan tersebut dan perlunya keseimbangan pengambilan gambar penari dan penabuhnya.

Demikianlah sedikit komentar video Tari Sekar Ibing tersebut dari saya, kalau ada kekurangan saya mohon maaf sebesar-besarnya, pesan dan saran dari teman-teman sangat saya harapkan.

Foto Tari Sekar Ibing

Reader Comments

Trackbacks

  1. 3strange  on September 2nd, 2022 @ 4:42 am