Categories
Lainnya

Catatan Yusuf Yudi Prayudi tentang Rangking Webometric Januari 2011

Dari pencapaian rangking webometric edisi Januari 2011 ini ada beberapa catatan penting, yaitu :

1.      Ada pergeseran di lima besar nasional, Gunadarma dan Petra yang biasanya langganan masuk lima besar, kali ini bergeser sedikit sehingga keluar dari lima besar. Gantinya adalah Airlangga dan Undip. Ini adalah untuk pertama kalinya Airlangga dan Undip masuk dalam kelompok 5 besar nasional. Untuk posisi 1-3 kelihatannya 3 perguruan tinggi yaitu : ITB, UI dan UGM bergantian menjadi jawara namun ketiganya tetap bertahan di tiga besar. Kali ini yang jadi jawara adalah UGM, sementara ITB yang menjadi jawara untuk edisi Juli 2010 turun ke peringkat 3.

2.      Untuk kelompok 10 besar, apresiasi luar biasa layak disampaikan pada Universitas Andalas, pada edisi Juli 2010 Andalas berada di luar 50 besar Indonesia, namun untuk edisi Januari 2011 melonjak luar biasa hingga berada di posisi 8 nasional. Dari sisi rangking dunia, Andalas melonjak dari posisi 5000-an menjadi 1000-an. Luar biasa, salut untuk team ITnya Andalas. Lonjakan yang sama juga dialami oleh Unikom, dari luar ring 50 besar nasional menjadi rangking 17.

3.      Sementara itu kebalikannya untuk Ubaya dan Unsud, dalam tiga edisi webometric posisinya turun terus, akhirnya untuk edisi Januari 2011 ini harus menerima kenyataan untuk berada di luar 50 besar nasional.

4.      Tercatat 2 institusi yang menjadi pendatang baru di lingkungan 50 besar nasional, yaitu : Stikom Surabaya, ISI Denpasar. Welcome di peringkat 50 besar nasional Webometric.

Sumber: http://prayudi.wordpress.com

Terima Kasih atas apresiasinya terhadap website ISI Denpasar. Sebenarnya pada edisi januari  2011 ISI Denpasar merupakan yang kedua kalinya masuk dalam rangking webometrics. Yang pertama adalah pada edisi Juli 2010.