Main image
25th April
2021
written by

Properti adalah salah satu bidang paling menarik dalam hal investasi. Pasalnya, nilai sebuah properti diyakini akan meningkat setiap tahunnya. Karenanya, tak jarang setiap acara pameran properti dipadati pengunjung.

Namun, berinvestasi properti bukanlah perkara mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli properti, terutama properti tipe ruko. Sesuai dengan namanya, properti jenis ini selain dapat digunakan sebagai tempat tinggal juga akan digunakan untuk keperluan bisnis.

Sebagai pembeli, tentunya Anda ingin agar toko bisa dimaksimalkan fungsinya. Jika Anda membeli sewa ruko, tentunya harus memposisikan diri sebagai penyewa agar ruko Anda banyak diminati.

Supaya tidak menyesal nantinya, berikut beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli toko.

Tujuan Membeli Ruko

Menentukan tujuan membeli toko menjadi hal yang utama agar Anda tidak salah pilih. Membeli ruko bisa untuk investasi, ditempati dan dikelola sendiri, atau sekadar untuk memperoleh capital gain.

Setiap tujuan tentunya memiliki pertimbangan yang tidak mutlak sama. Jika masih bingung memilih, Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan atau agen properti agar pilihan Anda sejalan dengan tujuan yang ingin Anda capai.

Lokasi strategis

Setelah menentukan tujuan, barulah Anda memilih lokasi yang sesuai. Lokasi yang strategis tidak dapat dipungkiri akan berperan penting dalam kelangsungan usaha yang dijalankan.

Ruko yang berada di kompleks perumahan bisa menjadi pilihan. Karena saat ini sudah banyak ruka yang memang di bangun di tempat strategis yang mana memiliki banyak penghuni untuk menjadi konsumen ruko tersebut. Semakin banyak penduduk di daerah tersebut, semakin dikenal bisnis Anda. Apalagi jika bisnis tersebut terkait dengan kebutuhan warga.

Akses mudah

Lokasi yang strategis tidak selalu menjamin kesuksesan bisnis Anda jika tidak didukung oleh akses yang mudah menuju lokasi toko. Akses yang sulit dijangkau akan membuat calon pelanggan cenderung beralih ke bisnis serupa dengan lokasi yang lebih mudah mereka tuju.

Dengan pertimbangan tersebut, pastikan toko yang ingin Anda beli bisa dijangkau dengan berbagai jenis kendaraan. Selain itu, jalan yang tidak rusak harus menjadi pilihan guna menarik calon pelanggan untuk datang ke lokasi bisnis Anda.

Keamanan Terjamin

Setelah mendapatkan lokasi yang strategis dengan akses yang mudah, kini saatnya Anda melakukan survei di area target toko Anda. Hal ini dilakukan terutama terkait dengan keamanan di daerah tersebut.

Keamanan ini tentu sangat penting saat anda menjalankan bisnis. Selain itu, lokasi yang aman tentunya memberikan nilai tambah bagi calon pelanggan untuk mengunjungi bisnis Anda. Untuk mendapatkan informasi mengenai hal tersebut, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar atau bahkan mengunjungi instansi terkait yang memiliki kewenangan atas kawasan pertokoan tersebut.

Pelajari Penetapan Harga

Jangan mudah tergiur dengan harga toko yang murah atau yang sesuai dengan budget Anda. Anda berhak mempertimbangkan apakah harga yang ditawarkan masuk akal atau tidak. Untuk mempelajari faktor ini, Anda dapat membuat perbandingan dengan toko di kelas yang sama yang berada di area yang sama.

Legalitas yang Sah

Jangan terburu-buru mengambil keputusan saat Anda telah menemukan toko dengan harga yang sesuai dan berada di lokasi yang menguntungkan. Salah satu faktor yang juga perlu diperhatikan adalah legalitas calon ruko yang akan Anda beli. Pastikan toko tersebut memiliki legalitas yang sah agar tidak menjadi beban masalah di kemudian hari.

Comments are closed.