budipramana

Tabuh Tari Hanoman

by on Mar.27, 2018, under Seni dan Budaya

Tabuh tari Hanoman diciptakan pada tahun 2011 oleh I Ketut Cater, S.Sn. Sedangkan tari nya diciptakan oleh Anak Agung Anom. Tari ini diciptakan dalam rangka pementasan budaya oleh sanggar Semara Ratih di Belanda. Tari ini terinspirasi dari Cak Rina yang membawakan cerita Ramayana dengan mengambil salah satu tokoh pewayangan bernama Hanoman. Tari ini diiringi dengan menggunakan gamelan Semarandana dengan dikolaborasikannya unsur cak pada Cak Rina. Namun, kita akan lebih fokus untuk membahas tabuh dari Tari Hanoman versi Sanggar Semara Ratih.

Tabuh tari ini tercipta dilatar belakangi oleh dorongan sang pencipta tari sendiri, karena pada dasarnya saat membuat sebuah tabuh tari, maka tabuh itu akan mengikuti kemauan dari konsep tari itu. Menurut Anak Agung Anom Putra selaku penata tari tersebut, tari ini digunakan sebagai tari kreasi baru. Beliau ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dari tokoh Hanoman ini. Biasanya bila sang Hanoman ditarikan dengan mengikuti alur pementasan cak ataupun sendratari Ramayana, sekarang tari ini dijadikan sebuah kreasi baru dengan mencampurkan unsur cak. (Menurut I Ketut Cater selaku penata tabuh-nya).

Dengan konsep berdasarkan tokoh Hanoman pada Ramayana yang dimana Hanoman merupakan sosok kera putih yang gagah berani dan merupakan tokoh protagonis juga tidak jauh berbeda dengan kera-kera lainnya yang suka bermain dan bercanda ria dengan alam sekitarnya. Tari Hanoman sendiri mengambil tema Hanoman Duta. Namun, tari ini banyak menggambarkan kegiatan sang Hanoman itu sendiri dari melakukan latihan-latihan dan bercanda ria sebelum melakukan misinya menjadi duta karena sang pencipta tari ingin menampilkan sisi kejenakaan dari sang Hanoman sendiri.

Sumber : Wawancara bersama I Ketut Cater, S.Sn

Berikut merupakan video cuplikan dari Tari Hanoman (Sumber dari channel saya untuk kepentingan kampus) :

YouTube Preview Image

Comments are closed.

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Archives

All entries, chronologically...