Tabuh gilak (Budal)


“BUDAL”
Budal adalah gaya bahasa yang sering di gunakan dalam berbahasa Bali halus. Dalam kata budal yang berarti pulang atau kembali ke tempat asal dimana jati diri seseorang untuk mencapai tujuan yang diraih kedepannya.

Dari kata budal ini kami dapat ide untuk membuat sebuah komposisi karawitan yang berbentuk gilak, yang kami beri judul BUDAL

Tabuh yang di mainkan di atas adalah tabuh gegilakan yang di mainkan oleh mahasiswa Institut Seni Indonesia Denpasar. Seni karawitan semester 1A

Tabuh selonding sekar gadung

Sanggar selonding Gita Pingit ngayah di pura Samuan Tiga.
Sanggar Gita Pingit menggunakan tabuh sekar gadung sebagai tabuh yang di pakai untuk ngaturan ayah.
Sanggar Gita Pingit memiliki 2 kelompok sekha atau tim,yaitu skha cowok dan skha cewek. Sanggar ini berdiri sejak tahun 2018 dan temtunya sanggar ini masih baru.

Selonding Gita Pingit

Sanggar Selonding Gita Pingit. Sanggar ini berada di desa mas,ubud,banjar batanancak. Berdiri nya sanggar gita pingit yaitu pada tahun 2018 yang di bantu oleh warga-warga setampat selaku pendukung dan penyemangat dalam pembentukan sanggar selonding tersebut

Selonding adalah ensambel sakral dari musik gambelan dari Bali. Ansambel selonding berasal dari tenganan,sebuah Desa di Bali timur .

Kendang Sunda

Belajar Main Kendang Sunda
Kendang sunda adalah instrumen gambelan jawa tengah dan jawa barat,yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama.Instrumen kendang sunda ini di pukul hanya mnggunakan tangan tanpa alat bantu.

Ada 3 jenis kendang yang di pakai : 1 kendang kecil (ketipung), 2 kendang menengah (ciblon), 3 kendang besar (kalih)

Belajar kendang sunda dengan tekhnik pukulan yang sangat dasar untuk membuat terlatihnya kelincahan tangan

Halo dunia!

Selamat Datang di Blog Institut Seni Indonesia Denpasar. Ini adalah post pertama anda. Edit atau hapus, kemudian mulailah blogging!