Tentang Saya

Putu Bayu Angga Adi Putra,

Telp. : 087863221311

Saya biasa dipanggil Bayu atau Angga. Saya lahir di Negara pada tanggal 27 Desember 1991. Ayah saya adalah seorang petani yang bernama Suarnita dan ibu saya bernama ni Putu Ginantri. Saya anak pertama diantara tiga saudara. Saat  SD, SMP, SMK saya tinggal bersama keluarga di alamat jalan Gatot Subroto Gang 1 no 2, lingkungan Tinyeb, kelurahan Banjar tengah, Kecamatan Negara, Jembrana-Bali. SD saya di SDN 2 Kelurahan Tengah, Lulus tahun 2004. SMP saya di SMPN 2 Negara, Lulus tahun 2007. kemudian SMK di SMKN 1 Negara jurusan Akuntansi dan lulus pada tahuh 2010. Setelah lulus SMK saya melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Kini saya sedang mengambil kuliah Program Sarjana (S1) Jurusan Karawitan di Institut Seni Indonesia Denpasar.

Saya besar dalam keluarga dan lingkungan yang aktif dalam berkesenian khususnya Gamelan. Hal itu menbuat saya menjadi orang yang sangat mencintai Gamelan. Pertama kali saya belajar gamelan ketika saya duduk di bangku kelas 2 SMP. Awalnya niat saya hanya untuk sekedar mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler, tapi semakin lama saya semakin menikmati dan rasa tertarik saya semakin dalam akan baleganjur. Saya semakin serius ketika saya terpilih sebagai tim inti ketika sekolah mengadakan seleksi penabuh yang akan dipersiapkan untuk mewakili Kabupaten Jembrana dalam Lomba Baleganjur Tingkat Provinsi Bali tahun 2006 dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda. Sungguh bangga namun takut karena beban yang saya pikul terasa cukup berat. Itu kali pertama saya tampil di panggung pementasan. Melihat duta Kabupaten lainnya dengan skill dan penampilan yang luar biasa membuat saya merasa rendah diri. Saya sadar bahwa saya belumlah apa-apa. saya harus banyak belajar, saya pun bertekad untuk meningkatkan kemampuan saya.  Dan pPerlahan-lahan usaha saya mulai menunjukkan hasil, saya selalu terpilih sebagai tim inti duta Kabupaten Jembrana, biarpun yang ditunjuk adalah sekolah lain. Berbagai ajang perlombaan dan parade mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat provinsi pernah saya ikuti. diantaranya Lomba Baleganjur Tingkat SMP se-Bali dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda tahun 2006, parade baleganjur pada Pesta Kesenian Bali tahun 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, dan 2012. Parade Gong Kebyar Remaja pada Pesta Kesenian Bali tahun 2010, Parade Semarpegulingan pada Pesta Kesenian Bali tahun 2012.

Masih tentang pengalaman berkesenian saya, ada banyak pengalaman lainnya yang menyenangkan dan tentunya sangat berkesan bagi saya. salah satunya ketika saya ikut serta dalam kontingen kabupaten Jembrana dalam acara Pawai Budaya rangkaian perayaan Hut. Kota Malang pada tahun 2011. saya begitu menikmatinya, mulai dari perjalanan dengan pemandangan alam yang memanjakan mata, menikmati fasilitas mewah dan menginap di Hotel Mewah. membuat saya berfikir bahwa saya orang yang beruntung menjadi seniman. Tapi sakitnya baru terasa ketika pawai berlangsung, berjalan sejauh 7 kilometer dari lapangan malang hingga stadion kanjuruhan Malang sambil memainkan baleganjur di bawah teriknya sinar matahari, tenggorokan kering, kaki babak, kilit gosong, lengkap sudah penderitaanku. cukup untuk membuat saya kapok. tapi itulah hidup, ada suka dan ada pula duka yang kita rasakan.

Saya orang yang taat beragama. berkesenian adalah salah satu jalan saya untuk mendekatkan diri dengan tuhan. salah satunya dengan ngayah. melalui ngayah kita dapat mengabdikan diri kepada tuhan. terkahir ngayah yang saya lakukan yaitu di pura Ulun Danu Batur dan Pura Besakih bersama Rombongan ISI Denpasar. Bangga rasanya dapat mengabdikan diri kepada tuhan sebagai bagian dari ISI Denpasar.

Selain berekesenian, masih banyak hal-hal lain yang saya gemari, salah satunya menggambar. saya sudah memiliki hobi menggambar sebelum saya mengenal gamelan. saya pernah meraih juara 3 dalam lomba melukis tingkat SD se-Kabupaten Jembrana.

Bagi saya kesehatan itu mutlak. olahraga adalah hal wajib. sepak bola dan jogging adalah cabang olah raga yang paling saya gemari. Saya masuk kedalam SSB (Sekolah Sepak Bola) Putra Remaja ketika saya berusia 9 tahun. Tapi Sayang niat saya menekuni olah raga Sepak Bola hanya samapi di Bangku Kelas 2 SMP. ketertarikan saya sudah beralih ke Gamelan. tapi hingga kini saya masih tetap melakukan olah raga sepak bola. hanya sekedar menjaga kebugaran tubuh.

Sebagai lulusan Jurusan Akuntansi di SMK N 1 Negara saya memiliki kempampuan di bidang administrasi Bisnis. Kenapa Akuntansi? Sebenarnya itu hanya kebetulan saja. Sedikitpun saya tidak punya rencana untuk mengambil jurusan akuntansi. Kebetulan saja, pembagian jurusan dilakukan berdasarkan Nilai Ujian Nasional. Gak peduli masuk dalam jurusan apa, dapat melanjutkan ke Sekolah Negeri saja sudah syukur. Tetapi ada banyak manfaatnya juga. Kini saya mahir mengoprasikan komputer, saya juga memiliki barbagai pengalaman kerja kantor. Mulai dari bidang pembukuan koperasi penjualan, Bidang Administrasi pengadaan Buku penunjang pelajaran SD, SMP, dan SMA pada CV Arya Rajasa. Dan pengalaman kerja paling berharga dan menyenangkan ketika saya melakukan Praktek Kerja Industri di Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Jembrana, pada Bidang Pemuda dan Olah raga sebagai operator komputer.

Tidak hanya itu, lahir di keluarga petani membuat saya biasa mengerjakan pekerjaan yang tergolong kasar. Mulai dari mencangkul sawah, menanam padi, menyabit padi, menyabit rumput untuk pakan sapi, memikul beban berat dan lain-lain. Saya tidak pernah merasa gengsi untuk mengerjakan perkerjaan seperti itu. Karna adalah mata pencaharian ayah saya, sumber penghidupan keluarga saya yang menjadikan saya hingga seperti sekarang.

Itulah sekilas tentang riwayat hidup saya. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Belajar dari pengalaman-pengalaman tersebut, kini saya telah memilih jalan hidup saya. Saya tahu apa yang harus saya lakukan untuk meraih semua yang saya cita-citakan.

Terimakasih.


About The Author

Comments

One Response to “Tentang Saya”

  1. training management terbaik

    Tentang Saya | Bayu Angga Adi Putra