komposisi musik bertemakan Dewi Uma dengan media Suling Bali

29 Agustus 2014 | Karya,Lainnya,Tak Berkategori,Tulisan

suling BaliKisah perjalanan Dewi Uma menginspirasikan semeton Nika Manu mengumpulkan generasi muda untuk menuangkan ide-ide kretif untuk berbuat dan mengurangi kegiatan negatif. Nika Manu lahir atas dasar pertimbangan dan dasil kegiatan rutin dari si penggagas, yaitu bersembahyang dan meditasi yang mendapatkan getaran batin (kleteg bayu).
Semeton Nika Manu mengajak generasi yang suka dan hobi bermain musik untuk menuangkan idenya dengan santai dan serius. Musik nika manu sebenarnya musik yang lahir dari suara bambu yang dilobangi yang akhirnya dapat menghasilkan beranekaragam bunyi diberi ukuran nada sesuai dengan keiginan dan nada tersebut ditata sedemikian rupa sehigga menghasilkan melodi, melodi dikomposisikan dan deberikan struktur sehingga menjadi lagu.
Musik nika manu hanya menggunakan alat atau instrumen yang berasal dari bambu yang dilobangi tanpa menambahkannjnstrumen lainnya, kenapa dekikian karena insvirasi awalnya muncul dari kisah kesedihan Dewi Uma yang akhirnya bisa terobati oleh suara bambu yang dilobangi yaitu sunari, maka dari itu semeton nika manu hanya menggunakan medium suling bali, yang tidak terlepas dari bambu yang dilobangi tersebut ( Karta I Wayan, hasil obrolan).
Nika manu sudah berjalan dan menghasilkan lagu yang berjudul “MUPU” artinya keberhasilan, maksudnya kebahagiaan seorang petani pada saat berhasil menanam padi dan sudah menghasilkan padi yang sesuai keiiginan petani. Lagu tersebut dikomposisikan oleh I Made Bariawan, S.Sn.


Leave a Reply