Gamelan Semar Pegulingan Yang Ada Di Banjar Taro Kelod

03 April 2012 | Tak Berkategori

Judul:

            Gamelan Semar Pegulingan Yang Ada Di Banjar Taro Kelod

 

Masalah dan Latar belakang:

  1. Apakah pengertian dari gamelan semar pegulingan tersebut?

            Semar Pagulingan adalah sebuah gamelan yang berasal dari Bali, Indonesia yang dalam lontar Catur Muni-muni disebut dengan gamelan semara aturu, gamelan ini adalah tergolong barungan madya. Semar Pagulingan merupakan gamelan rekreasi untuk istana raja-raja zaman dahulu. Biasanya dimainkan pada waktu raja-raja akan kepraduan (tidur). Gamelan ini juga dipergunakan untuk mengiringi tari Leko dan Gandrung yang semula dilakukan oleh abdi raja-raja kraton. Semar Pagulingan memakai laras pelog 7  nada, terdiri dari 5 nada pokok dan 2 nada pamero.

            Gamelan ini dekat hubungannya dengan gamelan Gambuh, di mana ia juga merupakan perpaduan antara gamelan Gambuh dan Legong. Repertoare dari gamelan ini hampir keseluruhannya diambil dari Pegambuhan (kecuali gending Leko) dan semua melodi-melodi yang mempergunakan 7 nada dapat segera ditransfer ke dalam gamelan Semar Pagulingan.

  1. Apakah tujuannya didirikannya sekha semar pegulingan di banjar Taro Kelod?

            Tujuan utama didirikannya sekha semar pegulingan di banjar taro kelod antara lain: untuk menambah kreatifitas generasi muda dalam bidang karawitan,dan menambah wawasan dalam bidang menabuh gamelan Bali karena dulunya hanya ada gamelan gong kebyar dan gamelan angklung..

  1. Bagaimanakah fungsi gamelan semar pegulingan banjar Taro Kelod?

            Gamela semar pegulingan ini biasanya di pakai pada waktu ada upacara di pura-pura dan untuk mengiri tari tarian yang di pentaskan pada waktu ada balih-balihan di pura Taro Kelod, atau juga bisa depergunakan kalau ada yang ngupah istilah Balinya di rumah-rumah krama banjar yang melaksanakan upacara(odalan)


Leave a Reply