Hasil Pengukuran nada-nada Gamelan Bali

Posted in Tak Berkategori on September 20, 2012 – 12:26 pm
Post a comment

Hasil pengukuran nada-nada gamelan Bali

Tulisan I Wayan Rai tentang gamelan Smar pagulingan, jarak seperti ini terdapat pada sebagian instrumen Smar Pagulingan di banjar Abian Kapas yang mempunyai interval pendek ada yang mempunyai interval 133 dan 134 cent, sedangkan untuk jarak interval panjang berjarak 252 sampai 264,5 cent (I Wayan Rai S., Peranan Sruti Dalam Pepatun Gamelan Semar Pagulingan Saih Pitu, Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar, 1998., p. 14 – 19). Dapat  ditarik kesimpulan bahwa interval 265 sampai 267 bisa di bagi dua dengan interval nada sebesar 132,5 – 133,5.

Susunan nada dan interval dalam gamelan Gong Kebyar Penglatan, yang diambil adalah instrumen bagian pengumbang, antara lain jegogan, jublag, ugal, pemade, kantilan. Dalam gamelan Bali dikenal dengan istilah ngumbang dan ngisep (pengumbang, dan pengisep) Untuk melihat perbedaan nada antara pengumbang dan pengisep di tampilkan seperti dalam instrumen jegogan sedangkan untuk instrumen lainnya akan di tabelarisasi hanya pengumbangnya saja. Adapun susunan nada-nada berserta intervalnya adalah sebagai berikut.

Tabel 1. Hasil pengukuran instrumen Jegogan:( I Wayan Rai S. dkk., “Keragaman Laras (Tuning System) Gamelan Gong Kebyar” laporan penelitian Hibah Bersaing, Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar, 1999, p. 21)

Pengumbang

pengisep

Nada

Tuner

interval

Tuner

interval

A A-37 A#-25
286 320
I C-51 C+45
211 235
O D-41 D#-20
177 135
E D#+36 E+15
392 376
U G+28 G#-9
136 134
A A-36 A+25
391 379
i C#-45 C#+4

Tabel 2. Hasil pengukuran Instrumen Jublag dan Ugal(I Wayan Rai S. dkk., “Keragaman Laras (Tuning System) Gamelan Gong Kebyar” laporan penelitian Hibah Bersaing, Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar, 1999, p. 21)

Jublag

Pengumbang

Ugal

Pengumbang

Nada

Tuner

interval

Nada

Tuner

interval

U G+31 O D-36
134 179
A A-35 E D#+43
391 388
I C#-44 U G-31
132 135
O D-12 A A-34
174 391
E E-12 I C#-43
395 134
U G+57 O D-34
129 175
a A-14 E E-34

Tabel 3. Hasil pengukuran Instrumen Pemade dan Kantilan (I Wayan Rai S. dkk., “Keragaman Laras (Tuning System) Gamelan Gong Kebyar” laporan penelitian Hibah Bersaing, Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar, 1999, p. 21)

Pemade

Pengumbang

Kantilan

Pengumbang

Nada

Tuner

interval

Nada

Tuner

interval

O D-9 O D+16.5
174.5 176
E E-34.5 E E-7.5
392.5 387
U G+58 U G#-20
128 125
A A-14 A A+5
387 472
I C#-27 I C#-12.5
143 147.5
O D+16 O D+35
175 160
E E-9 E E-50
387 395.5
U G#-22 U G#-9.5
125 118
A A+3 A A+17.5
383 411
I C#-13.5 I C#+29.5

Tabel 4. Rata-rata interval gamelan Gong Kebyar pada setiap oktaf

Oktaf

Nada

I – O O – E E – U U – A A – i I – i
3 21.75 166 375.58 145.09 384.25 128.17
4 130.98 181.15 383.3 125.85 388.05 1209.33
5 138.81 176.69 382.5 12.76 379.81 1204.51
6 148.44 219.25 322.25 124 412.75 1237.69

Tabel 5. Hasil pengukuran instrument Saron Gender pada Gamelan Gender wayang

Pemade

Pengumbang

Kantilan

Pengumbang

Nada

Tuner

interval

Nada

Tuner

interval

E F-30 E F+30
250 230
U G+20 U G#-40
270 250
A A#-10 A A#+10
240 240
I C+30 I C#-50
260 270
O D#-10 O D#+20
250 210
E F+40 E F+30
220 290
U G#-40 U G#+20
260 230
A A#+20 A B-50
230 230
I C#-50 I C#-30
220 310
O D#-30 O E-20

Tabel 6. Hasil pengukuran instrument pada Angklung Bali Utara

Kantil

Pengumbang

Pemade

Pengumbang

Nada

Tuner

interval

Nada

Tuner

interval

I F-20 I E+20
O G+30 O G-10
E A+25 E A-5
U C-20 U B+20
A D+35 A D+10
I F-10 I F-30

Tabel 7. Hasil pengukuran instrument Jegogan pada Gamelan Angklung Bali Utara

Jegogan

Pengumbang

Nada

Tuner

interval

I E+30
O G-20
E A+10
U B+20
A D+10
I F-30

Tabel 8. Hasil Pengukuran Instrumen Jegogan gamelan Semar Pagulingan

jegogan

Pengumbang

jegogan

Pengumbang

Nada

Tuner

interval

Nada

Tuner

interval

1 C#+8.5 1 C#+8.5
127.5 127.5
2 D+36 2 D+36
217 217
3 F-47 3 F-47
227.5 227. 5
4 G-19.5 4 G-19.5
141 141
5 G#-32.5 5 G#-32.5
146 146
6 A#-32.5 6 A#-32.5
167.5 167.5
7 B+35 7 B+35

Tabel 9. Hasil Pengukuran Instrumen Jublag gamelan Semar Pagulingan

Jublag

Pengumbang

Jublag

Pengumbang

Nada

Tuner

interval

Nada

Tuner

interval

1 C#+31 1 C#+31
136 136
2 D#-33 2 D# 33
167 167
3 E+34 3 E+34
284 284
4 G+18 4 G+18
123 123
5 G#+41 5 G#+41
122 122
6 A#-37 .5 6 A#-37
183 183.5
7 B+46.5 7 B+46.5

Tabel 10. Hasil Pengukuran Instrumen Gender rambat gamelan Semar Pagulingan

Gender Rambat

Pengumbang

Nada

Tuner

interval

1 C#+21.5
143
2 D#-35.5

161

3 E+25.5
295.5
4 G+21
121.5
5 G#+42.5
145
6 A#-12.5
177.5
7 C-35
202.5
8 D-32.5
122
9 D#-10.5
185
10 F-25.5
234
11 G+8.5
132.5
12 G#-41
149.5
13 A#-10.5
221
14 C+10.5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 11. Hasil Pengukuran Instrumen Pemade gamelan Semar Pagulingan

Pemade 1 dan 2

Pengumbang

Pemade 3 dan 4

Pengumbang

Nada

Tuner

interval

Nada

Tuner

interval

1 D-12 1 D-31
100.5 119
2 D#-11.5 2 D#-12
182 183
3 F-29.5 3 F-29
212.5 211.5
4 G-17 4 G-17.5
158 159
5 G#+41 5 G#-41.5
146 160.5
6 A#-13 6 A#+2
224 209
7 C+11 7 C+11

Tabel 12. Hasil Pengukuran Instrumen Kantilan gamelan Semar Pagulingan

Kantilan 1 dan 2

Pengumbang

Kantilan 3 dan 4

Pengumbang

Nada

Tuner

interval

Nada

Tuner

interval

1 D-5 1 D-5.5
127.5 124.5
2 D#+22.5 2 D#+19
168.5 172.5
3 F-9 3 F-8.5
279 284
4 G#-30 4 G#24.5
141 135
5 A+11 5 A+10.5
103.5 104.5
6 A#14.5 6 A#+15
197.5 203
7 C+12 7 C+18

This entry was written by baguskrishna, filed under Tak Berkategori.
Bookmark the permalink or follow any comments here with the RSS feed for this post.
Comments are closed, but you can leave a trackback: Trackback URL.