Hasil Pengukuran nada-nada Gamelan Bali
Hasil pengukuran nada-nada gamelan Bali
Tulisan I Wayan Rai tentang gamelan Smar pagulingan, jarak seperti ini terdapat pada sebagian instrumen Smar Pagulingan di banjar Abian Kapas yang mempunyai interval pendek ada yang mempunyai interval 133 dan 134 cent, sedangkan untuk jarak interval panjang berjarak 252 sampai 264,5 cent (I Wayan Rai S., Peranan Sruti Dalam Pepatun Gamelan Semar Pagulingan Saih Pitu, Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar, 1998., p. 14 – 19). Dapat ditarik kesimpulan bahwa interval 265 sampai 267 bisa di bagi dua dengan interval nada sebesar 132,5 – 133,5.
Susunan nada dan interval dalam gamelan Gong Kebyar Penglatan, yang diambil adalah instrumen bagian pengumbang, antara lain jegogan, jublag, ugal, pemade, kantilan. Dalam gamelan Bali dikenal dengan istilah ngumbang dan ngisep (pengumbang, dan pengisep) Untuk melihat perbedaan nada antara pengumbang dan pengisep di tampilkan seperti dalam instrumen jegogan sedangkan untuk instrumen lainnya akan di tabelarisasi hanya pengumbangnya saja. Adapun susunan nada-nada berserta intervalnya adalah sebagai berikut.
Tabel 1. Hasil pengukuran instrumen Jegogan:( I Wayan Rai S. dkk., “Keragaman Laras (Tuning System) Gamelan Gong Kebyar” laporan penelitian Hibah Bersaing, Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar, 1999, p. 21)
Pengumbang |
pengisep |
|||
Nada |
Tuner |
interval |
Tuner |
interval |
A | A-37 | A#-25 | ||
286 | 320 | |||
I | C-51 | C+45 | ||
211 | 235 | |||
O | D-41 | D#-20 | ||
177 | 135 | |||
E | D#+36 | E+15 | ||
392 | 376 | |||
U | G+28 | G#-9 | ||
136 | 134 | |||
A | A-36 | A+25 | ||
391 | 379 | |||
i | C#-45 | C#+4 |
Tabel 2. Hasil pengukuran Instrumen Jublag dan Ugal(I Wayan Rai S. dkk., “Keragaman Laras (Tuning System) Gamelan Gong Kebyar” laporan penelitian Hibah Bersaing, Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar, 1999, p. 21)
Jublag |
Pengumbang |
Ugal |
Pengumbang |
||
Nada |
Tuner |
interval |
Nada |
Tuner |
interval |
U | G+31 | O | D-36 | ||
134 | 179 | ||||
A | A-35 | E | D#+43 | ||
391 | 388 | ||||
I | C#-44 | U | G-31 | ||
132 | 135 | ||||
O | D-12 | A | A-34 | ||
174 | 391 | ||||
E | E-12 | I | C#-43 | ||
395 | 134 | ||||
U | G+57 | O | D-34 | ||
129 | 175 | ||||
a | A-14 | E | E-34 |
Tabel 3. Hasil pengukuran Instrumen Pemade dan Kantilan (I Wayan Rai S. dkk., “Keragaman Laras (Tuning System) Gamelan Gong Kebyar” laporan penelitian Hibah Bersaing, Denpasar: Sekolah Tinggi Seni Indonesia Denpasar, 1999, p. 21)
Pemade |
Pengumbang |
Kantilan |
Pengumbang |
||
Nada |
Tuner |
interval |
Nada |
Tuner |
interval |
O | D-9 | O | D+16.5 | ||
174.5 | 176 | ||||
E | E-34.5 | E | E-7.5 | ||
392.5 | 387 | ||||
U | G+58 | U | G#-20 | ||
128 | 125 | ||||
A | A-14 | A | A+5 | ||
387 | 472 | ||||
I | C#-27 | I | C#-12.5 | ||
143 | 147.5 | ||||
O | D+16 | O | D+35 | ||
175 | 160 | ||||
E | E-9 | E | E-50 | ||
387 | 395.5 | ||||
U | G#-22 | U | G#-9.5 | ||
125 | 118 | ||||
A | A+3 | A | A+17.5 | ||
383 | 411 | ||||
I | C#-13.5 | I | C#+29.5 |
Tabel 4. Rata-rata interval gamelan Gong Kebyar pada setiap oktaf
Oktaf |
Nada |
|||||
I – O | O – E | E – U | U – A | A – i | I – i | |
3 | 21.75 | 166 | 375.58 | 145.09 | 384.25 | 128.17 |
4 | 130.98 | 181.15 | 383.3 | 125.85 | 388.05 | 1209.33 |
5 | 138.81 | 176.69 | 382.5 | 12.76 | 379.81 | 1204.51 |
6 | 148.44 | 219.25 | 322.25 | 124 | 412.75 | 1237.69 |
Tabel 5. Hasil pengukuran instrument Saron Gender pada Gamelan Gender wayang
Pemade |
Pengumbang |
Kantilan |
Pengumbang |
||
Nada |
Tuner |
interval |
Nada |
Tuner |
interval |
E | F-30 | E | F+30 | ||
250 | 230 | ||||
U | G+20 | U | G#-40 | ||
270 | 250 | ||||
A | A#-10 | A | A#+10 | ||
240 | 240 | ||||
I | C+30 | I | C#-50 | ||
260 | 270 | ||||
O | D#-10 | O | D#+20 | ||
250 | 210 | ||||
E | F+40 | E | F+30 | ||
220 | 290 | ||||
U | G#-40 | U | G#+20 | ||
260 | 230 | ||||
A | A#+20 | A | B-50 | ||
230 | 230 | ||||
I | C#-50 | I | C#-30 | ||
220 | 310 | ||||
O | D#-30 | O | E-20 |
Tabel 6. Hasil pengukuran instrument pada Angklung Bali Utara
Kantil |
Pengumbang |
Pemade |
Pengumbang |
||
Nada |
Tuner |
interval |
Nada |
Tuner |
interval |
I | F-20 | I | E+20 | ||
O | G+30 | O | G-10 | ||
E | A+25 | E | A-5 | ||
U | C-20 | U | B+20 | ||
A | D+35 | A | D+10 | ||
I | F-10 | I | F-30 |
Tabel 7. Hasil pengukuran instrument Jegogan pada Gamelan Angklung Bali Utara
Jegogan |
Pengumbang |
|
Nada |
Tuner |
interval |
I | E+30 | |
O | G-20 | |
E | A+10 | |
U | B+20 | |
A | D+10 | |
I | F-30 |
Tabel 8. Hasil Pengukuran Instrumen Jegogan gamelan Semar Pagulingan
jegogan |
Pengumbang |
jegogan |
Pengumbang |
||
Nada |
Tuner |
interval |
Nada |
Tuner |
interval |
1 | C#+8.5 | 1 | C#+8.5 | ||
127.5 | 127.5 | ||||
2 | D+36 | 2 | D+36 | ||
217 | 217 | ||||
3 | F-47 | 3 | F-47 | ||
227.5 | 227. 5 | ||||
4 | G-19.5 | 4 | G-19.5 | ||
141 | 141 | ||||
5 | G#-32.5 | 5 | G#-32.5 | ||
146 | 146 | ||||
6 | A#-32.5 | 6 | A#-32.5 | ||
167.5 | 167.5 | ||||
7 | B+35 | 7 | B+35 |
Tabel 9. Hasil Pengukuran Instrumen Jublag gamelan Semar Pagulingan
Jublag |
Pengumbang |
Jublag |
Pengumbang |
||
Nada |
Tuner |
interval |
Nada |
Tuner |
interval |
1 | C#+31 | 1 | C#+31 | ||
136 | 136 | ||||
2 | D#-33 | 2 | D# 33 | ||
167 | 167 | ||||
3 | E+34 | 3 | E+34 | ||
284 | 284 | ||||
4 | G+18 | 4 | G+18 | ||
123 | 123 | ||||
5 | G#+41 | 5 | G#+41 | ||
122 | 122 | ||||
6 | A#-37 | .5 | 6 | A#-37 | |
183 | 183.5 | ||||
7 | B+46.5 | 7 | B+46.5 |
Tabel 10. Hasil Pengukuran Instrumen Gender rambat gamelan Semar Pagulingan
Gender Rambat |
Pengumbang |
|
Nada |
Tuner |
interval |
1 | C#+21.5 | |
143 | ||
2 | D#-35.5 | |
161 |
||
3 | E+25.5 | |
295.5 | ||
4 | G+21 | |
121.5 | ||
5 | G#+42.5 | |
145 | ||
6 | A#-12.5 | |
177.5 | ||
7 | C-35 | |
202.5 | ||
8 | D-32.5 | |
122 | ||
9 | D#-10.5 | |
185 | ||
10 | F-25.5 | |
234 | ||
11 | G+8.5 | |
132.5 | ||
12 | G#-41 | |
149.5 | ||
13 | A#-10.5 | |
221 | ||
14 | C+10.5 |
Tabel 11. Hasil Pengukuran Instrumen Pemade gamelan Semar Pagulingan
Pemade 1 dan 2 |
Pengumbang |
Pemade 3 dan 4 |
Pengumbang |
||
Nada |
Tuner |
interval |
Nada |
Tuner |
interval |
1 | D-12 | 1 | D-31 | ||
100.5 | 119 | ||||
2 | D#-11.5 | 2 | D#-12 | ||
182 | 183 | ||||
3 | F-29.5 | 3 | F-29 | ||
212.5 | 211.5 | ||||
4 | G-17 | 4 | G-17.5 | ||
158 | 159 | ||||
5 | G#+41 | 5 | G#-41.5 | ||
146 | 160.5 | ||||
6 | A#-13 | 6 | A#+2 | ||
224 | 209 | ||||
7 | C+11 | 7 | C+11 |
Tabel 12. Hasil Pengukuran Instrumen Kantilan gamelan Semar Pagulingan
Kantilan 1 dan 2 |
Pengumbang |
Kantilan 3 dan 4 |
Pengumbang |
||
Nada |
Tuner |
interval |
Nada |
Tuner |
interval |
1 | D-5 | 1 | D-5.5 | ||
127.5 | 124.5 | ||||
2 | D#+22.5 | 2 | D#+19 | ||
168.5 | 172.5 | ||||
3 | F-9 | 3 | F-8.5 | ||
279 | 284 | ||||
4 | G#-30 | 4 | G#24.5 | ||
141 | 135 | ||||
5 | A+11 | 5 | A+10.5 | ||
103.5 | 104.5 | ||||
6 | A#14.5 | 6 | A#+15 | ||
197.5 | 203 | ||||
7 | C+12 | 7 | C+18 |