Komentar Video Musik – Saosin – Your Not Alone

Posted in Tulisan on Desember 20, 2011 – 11:08 am
Post a comment

Saosin adalah sebuah band rock  yang berasal dari Newport Beach, California, yang dibentuk pada tahun 2003. Band ini beranggotakan Cove Reber (vocalist), Beau Burchell dan Justin Shekoski (gitaris), Chris Sorenson (bassist), dan Alex Rodriguez (drummer). Band ini dikenal karena unsur-unsur perpaduan antara Heavy Metal, Alternative Rock and Post-Hardcore. Saosin pertama kali rekaman E.P Translating the Name dengan vocalist pertama mereka, Anthony Green. Bagaimanapun juga, kini Green telah meninggalkan band sehubung dengan  keputusan dari Saosin untuk bergabung ke label komersil, Capitol, yang kemudian digantikan oleh Cove Reber. Album studio kedua mereka yang bertajuk In Search of Solid Ground telah dirilis pada 8 September 2009 dibawah Virgin dan berisi tiga lagu dari The Grey EP yang dirilis ulang.

 Filosofi Nama Saosin

Anthony Green, mantan vocalist merekalah yang pada awalnya mengusulkan nama ” Saosin”. Saosin berarti “ hati yang kecil ” atau ” hati-hati ” dalam bahasa Cina (xiao xin). Kata itu datang dari pepatah abad ke-XV tentang para ayah yang menceritakan para putra mereka yang mendapat jodoh bagi  anaknya untuk tidak  mendapatkan uang secara emosional dengan melibatkan isteri mereka, ( siapapun bisa mati pada setiap waktu.) Green Menerangkan arti di balik nama ini sebagai  suatu acuan untuk fakta bahwa tidak ada apapun yang abadi, dan itu merupakan suatu kekeliruan untuk dihubungkan dengan tiap orang, sebab cepat atau lambat semuanya akan berakhir. Penafsiran Green dari kata “xiao xin” adalah mengaburkan, “xiao xin” secara umum digunakan dalam bahasa Cina sebagai makna untuk menyatakan perhatian. Sebelumnya Green telah menggunakan ” Saosin” sebagai nama band SMA nya ”I Remember When This All Meant Something”.

Sejarah

Formasi dan Translating The Name (2003–2004)

Formasi awal Saosin, terdiri dari Burchell, Shekoski, Sorenson dan Anthony Green, vocalist terdahulu, dibentuk pada musim panas 2003. Pada 17 Juni, Saosin merilis album komersil mereka, the EP Translating the Name. Merekapun sukses dan populer pada forum dan musik online. Saosin pertama kali menjadi populer melalui promosi dan ekspose melalui Internet. Mereka dikenal karena gaya musik mereka. Setelah studio-length album pertama mereka dirilis, kepopuleran diraih pada networking dan musik sosial seperti Myspace.

Drummer Pat Mcgrath dan Bassist Zach Kennedy meninggalkan Saosin sejak awal tahun terbentuknya. Kennedy keluar karena keputusan pribadi, dan ia ingin mengejar karier pada seni. Kemudian Ia digantikan oleh Chris Sorenson. Mcgrath, teknisi drum untuk band Trash Metal Amerika Slayer, tidak pernah akur dengan band, menurut Burchell, ia disewakan hanya untuk perekaman EP, ketika Alex Rodriguez berjanji pada band-nya, ia akan menyelesaikan rekaman dengan mereka, kemudian bergabung dengan Saosin setelah Translating the Name rilis. Tidak lama setelah EP dirilis, Saosin melakukan tour bersama band Boys Night Out dan Anatomy of a Ghost.

Pada Februari 2004, vocalist Anthony Green meninggalkan Saosin dan kemudian membentuk band Circa Survive. Green sangat rindu kampung halaman dan merasa kehilangan keluarganya.

Vocalist Baru dan Saosin EP (2004-2006)

Setelah melalui proses audisi dan beberapa demo, kemudian Cove Reber 19 th., yang sebelumnya merupakan vocalist dari band local Mormon, telah diumumkan sebagai vocalist baru mereka. Reber mengirimkan Demo Tape nya, yang merupakan demo akustik ” Mookie’s Last Christmas “. Demo itupun dibocorkan ke internet. Secara luas dipertimbangkan untuk dimasukkan beberapa lagu dari Translating the Name. Ketika Beau Burchell mendengar demo itu, ia berfkir bahwa  Anthony yang bermain, karena gaya  dan suara Reber  sangat mirip bagi mereka ketika pertama kali direkam.

Masuknya Reber sulit bagi Saosin, karena Green merupakan bagian terpenting dalam pandangan penggemar Saosin. Banyak penggemar membandingkannya dengan Green. Masih ada penggemar yang terpisah dari kedua Era ( Era Green/Era Reber ), memperdebatkan mana yang lebih baik dan sesuai untuk band secara keseluruhan..

Saosin menjalani Taste of Chaos tour yang berikutnya pada musim dingin. Saosin telah bergabung dengan Capitol Records pada bulan Maret dan Warped Tour di Amerika Serikat untuk kedua kalinya. Pada Musim panas, mereka merilis Saosin EP. Pada awalnya itu dimaksudkan untuk dikeluarkan secara bebas, tetapi Capitol Records tidak akan mengijinkan ini sebagai EP. Versi demo Itu dimasukkan dari lagu tersebut kemudian direkam untuk pertama kali sepanjang album. Satu video single baru mereka ” Bury Your Head ” telah difilmkan sepanjang tour. Saosin melanjutkan tournya dan mulai dari 2005, menjadi pembuka untuk Avenged Sevenfold dan Coheed and Cambria.

Saosin LP and Come Close (2006–2008)

Setelah beristirahat antara February dan  Juni, Warped Tour 2006 dan banyak kumpulan demo penampilan mereka, Saosin merilis full-lenght album pertama mereka yang bertajuk Saosin pada 26 September, 2006. Howard Benson, Produser musik terkenal telah mengontraknya untuk produksi dari album itu. Benson bekerja dengan beberapa band rock, seperti  My Chemical Romance dan Blindside. Album terjual diatas 35,000 copy dalam minggu pertama nya. Rekor bagi lagu yang lebih lembut seperti ” You’re Not Alone “.

Sepanjang 2006, Saosin yang melakukan tour Internasional Taste of Chaos tour, bermain di luar Amerika. Mereka juga tour di Amerika bersama Bleeding Through dan Senses Fail. Mereka juga melakukan tour sepanjang thn. 2007, Mulai Tour bersama Senses Fail, Alexisonfire, The Sleeping dan Drop Dead, Gorgeous. Pada February, mereka bergabung dengan Taste of Chaos 2007. Antara April dan Juni mereka tour di Eropa, Australia Austria, Jepang dan Indonesia.

Ketika Saosin kembali ke Newport Beach, mereka menjadi pengisi utama tour bersama Poison the Well, The Receiving End of Sirens, Fiore dan Flight 409. Pada musim panas 2007, mereka menjadi bagian dari Linkin Park Projekt Revolution tour. Setelah itu mereka menjadi pengisi utama tour di USA dan Kanada bersama Alexisonfire, Envy on the Coast, Norma Jean and The Dear and Departed. Konser panjang itupun telah direkam sampai tour selesai pada 3November, 2007 di The Theater of Living Arts di Philadelphia, Pennsylvania. Konser panjang itupun telah dikompilasikan menjadi Live Album dan Concert Movie yang di beri judul Come Close.

Saosin kembali tour dari 21 Januari sampai 8 February, 2008 dengan Armor for Sleep, Meriwether, dan The Bled; dari 9 February sampai 16 February Fear Before bergabung dalam tour tersebut. Mereka pergi ke Australia, Austria antara February dan Maret, setelah mereka melakukannya di Singapura pada 7 Maret, menjadi pembuka Incubus dalam Light Grenades Tour mereka. Mereka juga mengunjungi Bali, Hawaii dan Mexico. Setelah dua pertunjukan terakhir di California pada April, mereka memutuskan untuk beristirahat selama enam bulan.

The Grey EP and In Search of Solid Ground (2008–sekarang)

Saosin kembali melakukan tour pada Oktober 2008 berama Underoath dan The Devil Wears Prada. Di awal 2009, mereka memulai perekaman album baru mereka dengan produser Butch Walker. Mereka bekejasama dengan Hurley untuk menyiarkan proses perekaman pada Hurley website. Saosin merilis EP yang bertajuk The Grey EP pada 14 Oktober , 2008.

Saosin merilis In Search of Solid Ground pada 8 September , 2009. Dua lagu telah dirilis untuk di download. Lagu ” On My Own ” dan ” Is This Real “. Dua lagu ini telah dirilis pada iTunes, 4 Agustus, 2009. Pada 5 Agustus sebuah lagu baru berjudul ” Changing ” telah tersedia di internet. Single berikutnya yang dapat di download pada iTunes, 11Agustus. Single itu berjudul ” The Worst of Me “.

Kalau ngomongin post hardcore, pasti sambungannya sama Saosin. Band inilah yang tenar ngebawain turunannya aliran hardcore punk ataupun punk rock saat ini. Banyak yang bilang aliran ini sedikit lembut atau kurang greget dikarenakan lebih banyak melakukan eksperimen dalam bermusik. Aliran yang diusung oleh Saosin dicirikan dengan suara rhythms dan melodi dari Beau Burchell dan Justin Shekoski yang lebih keras, dikombinasikan dengan lengkingan vocal Cove Reber. Sementara gebukan drum Alex Rodriguez dan betotan bas dari Chris Sorenson mengimbangi permainan musik rekannya yang terkesan asik bermain sendiri.

Meskipun banyak penilaian kalau band ini justru membawakan aliran Emo suatu aliran yang sama-sama asalnya dari punk rock ataupun hardcore punk dimana warna musiknya kedengaran lembut tapi hentakan beat-nya ekspresif dengan emosi pengusungnya, dimana warna musik ini diusung olwh My Chemical Romance dan Panic At The Disco. Aliran Emo saat ini lebih mengarah kepada style ‘gaulnya’ si bintang rock dengan para fans-nya. Maka wajar jika dibilang sama atau mirip, karena para personel Saosin sendiri berasal dari aliran yang berbeda-beda namun tetap bercirikan warna alternative punk rock.

Post Hardcore yang diusung Saosin beat-nya terdengar seperti menahan emosi, kedengarannya keras tetapi ritme yang dimainkan mereka lambat. Aliran ini memang mementingkan keseimbangan disonansi dan nyanyian, jadi kesannya lambat banget. Meskipun gitu tetap asik untuk dinikmati, dan gak sampai disitu ‘aja’ isi lirik lagu dekat sama kehidupan remaja dan pemberontakan dengan pembawaan energik kalau di panggung. Coba aja simak lagu You’re Not Alone mengajak orang untuk optimis untuk menghadapi masalah. Atau juga Burry Your Head, meskipun menyeramkan tapi maknanya dalam banget memberikan pesan bagi kita untuk instropeksi diri.

Komentar dari Video Saosin – Your not Alone ,

Kelebihannya :

1)    Sound System :

Dari Sound System, dalam video ini kita bisa liat keseimbangan suara antar instrumen dan vokal. Sound System Men sangat berpengaruh dalam pengaturan suara dalam video kali ini, jadi apabila orang yang mengatur sound system ini kurang handal, maka akan sangat berpengaruh dalam pengaturan suara instrumen yang bisa membuat sebuah pertunjukan kacau dan kurang enak didengar.

2)    Lighting :

Dari segi Ligthing, dalam video ini terlihat sangat fantastis. Bisa dilihat dari banyaknya efek-efek cahaya yang ditampilkan, efek-efek cahaya mengikuti irama dari lagu ini. Jadi klimaks dari lagu yang ditampilkan akan keliatan. Seperti pada transisi mencari reff dan coda, disana efek cahaya sangat berpengaruh dalam penyampaian transisi ini.

3)    Pengambilan Gambar :

Dari segi pengambilan gambar, dalam video ini terlihat sangat bagus. Si pengambil gambar tau, pada saat apa dia harus mengambil gambar personil band nya, misalnya pada saat gitaris dan bassist mengeluarkan suara 2, gambar tertuju pada mereka berdua. Sedangkan pada saat vocalist menyuruh agar penonton ikut bernyanyi, gambar tertuju pada penonton.

 

Kekurangannya :

1)    Sound System :

Dalam segi Sound System, dalam video ini terlihat kurang jelasnya suara bass drum, jadi terdengar samar-samar. Karena dalam video ini mereka pentasnya di ruangan tertutup (indoor), sangat bergema kedengarannya.

2)    Lighting :

Dalam segi Lighting, dalam video ini terlihat salah satu gitaris sama sekali tidak kena efek cahaya, jadinya dia kurang begitu jelas kelihatan, hanya terkena lampu dasar saja. Kurang seimbangnya penataan lampu dalam video ini.

 

3)    Pengambilan Gambar :

Dalam segi pengambilan gambar, dalam video ini terlihat kurang fokusnya gambar yang diambil, ,misalnya dalam pengambilan gambar antar personil, terkesan terlalu buru-buru jadi belum jelas personil mana yang diambil gambarnya sekejap sudah diganti ke personil yang lain, dan gambar sering goyang (shake).

 

Sekian sekilas tentang Band Saosin dan komentar video dari Saosin yang berjudul Your not alone yang bisa saya sampaikan. Jika ada kekurangan dalam penyampain saya, mohon maaf sebesar-besarnya. Saran dan pesan anda sangat saya butuhkan.

Terima Kasih.

 

 

 

 


This entry was written by baguskrishna, filed under Tulisan.
Bookmark the permalink or follow any comments here with the RSS feed for this post.
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Post a Comment

Your email is never shared. Required fields are marked *

*
*