Efusi Pleura Adalah Penyakit Yang Harus Kamu Ketahui

This post was written by asmara on November 29, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

Pengertian

Ada  membran yang menjadi pemisah antara paru-paru dan dinding dari dada bagian dalam setiap manusia yang disebut dengan pleura. Efusi pleura adalah suatu keadaan di mana adanya cairan yang menumpuk di tengah-tengah pleura. Awalnya, cairan yang menumpuk ini berfungsi sebagai pelumas agar proses pergerakan paru-paru menjadi lancar saat manusia bernapas. Akan tetapi, jika cairan diproduksi secara berlebihan maka akan berakibat penumpukan.

Gejala

Menurut alodokter.com, gejala dari efusi pleura ialah rasa nyeri di dada ketika manusia melakukan proses pernapasan, yaitu menarik udara, dan juga mengembuskannya.  Yang biasa dirasakan oleh pengidap adalah rasa sesak napas, batuk-batuk, dan demam. Gejala yang disebutkan itu pada umumnya akan dirasakan pengidap apabila penyakit ini sudah masuk ke dalam tahapan menengah sampai ke tahapan yang terbilang parah, tetapi bisa juga saat ada radang atau infeksi pada paru-paru.

Apabila kamu masih dalam tahapan penyakit yang masih ringan dan tidak parah, kamu tidak akan merasakan apa pun. Maka dari itu, setelah terasa ada gejala, kamu harus segera menghubungi dokter untuk berkonsultasi. Karena, penyakit ini termasuk ke dalam penyakit yang sering terjadi. Ada setidaknya sejuta kasus orang yg mengidap efusi pleura, dan dari sebuah studi, tercatat ada 15 persen orang yang dicatat mengidap penyakit ini meninggal setelah 30 hari. Bisa terjadi pada siapa saja termasuk usia, tetapi memang lebih banyak perempuan yang mengidap penyakit ini dibandingkan dengan laki-laki.

Penyebab

Sedangkan menurut hellosehat.com, penyebab dari efusi pleura adalah tergantung dari jenisnya. Karena ada dua jenis efusi pleura yang bisa kamu ketahui, di antaranya adalah efusi pleura transudat dan juga efusi pleura eksudat. Berikut ini penjelasannya, yuk disimak!

Efusi Pleura Transudat

Yang masuk ke dalam efusi pleura transudat adalah cairan yang berasal dari pembuluh darah kemudian mengalir menuju rongga yang terdapat di dalam pleura. Jika dibandingkan dengan tipe eksudat nanti, cairan ini mempunyai kandungan protein serta asam laktat yang kadarnya lebih rendah. Nah, ada beberapa penyakit yang biasa terjadi karena jenis efusi pleura satu ini. Antara lain gagal jantung kongestif, sirosis pada hati, dan sindrom nefrotik.

Efusi Pleura Eksudat

Penyebab untuk eksudat dari jenis efusi pleura adalah adanya infeksi yang terjadi di pleura. Bahkan, pada umumnya seseorang bisa mengalami jenis ini karena adanya masalah pada paru-paru. Jenis penyakit yang bisa menyebabkan efusi pleura eksudat antara lain Pneumonia, yaitu masalah yang terjadi pada paru-paru baik hanya sebelah maupun keduanya. Jika hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan cairan menumpuk di pleura.

Ada pula Limfoma, yaitu kanker yang menyerang bagian-bagian dari sistem limfatik pada tubuh, contohnya limpa, sumsum tulang belakang, juga kelenjar getah bening. Selain itu, TBC atau tuberkulosis bisa menghasilkan gejala untuk efusi pleura eksudat, dan masih banyak lagi jenis penyakit lain yang bisa menyebabkan jenis efusi ini.

Pengobatan

Cara pengobatan atau penanganan yang biasa dilakukan dokter untuk efusi pleura adalah dengan mengobati penyebab dari efusi pleura itu sendiri. Karena seperti yang sudah dibahas, penyakit ini memiliki jenis yang berbeda. Contoh mengobatinya adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, kemoterapi, radioterapi, serta obat diuretik.

Yang kedua adalah dengan mengatasi efusi pleura langsung seperti memakai cara pleurodesis, yaitu cairan yang akan meringankan peradangan pada membran dengan cara disuntik. Kemudian memakaikan drainase yang dilakukan dengan permanen agar bisa mengeluarkan pleura. Ada pula dengan melakukan pemasangan shunt agar bisa mengeluarkan cairan dari rongga dada menuju perut. Terakhir, dengan pleurektomi, yang merupakan cara terakhir karena semua cara di atas tidak berhasil. Yaitu operasi pengangkatan pleura.

Itulah ulasan mengenai pengertian, gejala, penyebab, dan pengobatan efusi pleura. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Previose Post: