Perbedaan Gamelan Gong Kebyar Bali Selatan dengan Bali Utara

This post was written by aridarmayasa on April 9, 2018
Posted Under: Tak Berkategori

Perbedaan dari segi ukiran gamelan

Gong Kebyar Bali selatan kalau di lihat dari segi pelawah gambelan ukirannya lebih rapet dan dalam setiap instrument gamelan tersebut uirannya penuh kalau gamlan gong kebyar bali utara jenis ukirannya sedikit dan simpel, dar segi ukirannya adalah lebih besar motif ukiran gamelan bali utara banyak orang hawam bilang ukiran gamelan gong kebyar adalah semi bakiak. Di lihat dari sekian banyak instrument yang ada dalam gong kebyar yang terlihat keras perbedaannya adalah instrument gangsa, kantil, penyahcah, jublag, dan jegog antara gamelan bali selatan denan bali utara

  • Gangsa gambelan gong kebyar bali selatan ukiran di resonator/bumbung gangsa sudah tidak terlihat karena sudah menggunakan motif ukiran pandil.
  • Gangsa gambelan gong kebyar bali utara ukiran di resonator/bumbung gangsa ini hanyalah sedikit karena bumbung gangsa masih di perlihatkan.

Perbedaan dari bentuk bilah gamelan

Gamelan gong kebyar bali selatan yang saya lihat dari segi setiap bilah gamelannya lebih tebal dan menggunakan bentuk bilah kalorusuk dan digantung sedangkan gambelan bali utara pada bentuk bilah penjain dan di pacek. Gambelan Bali Utara kedengarannya lebih besar dari suara gambelan Bali Selatan, meskipun dalam patutan yang sama.

Jumlah jublag Bali Selatan dengan Bali Utara

Jumlah jublag pada gambelan Gong Kebyar Bali Selatan adalah 5 buah bilah sedangkan jumlah jublag pada gambelan Gong Kebyar Bali Utara adalah 7 buah bilah. Kalau jublag ini memiliki juga persamaan yaitu dari segi tungguhan sama – sama di gantung tidak ada di pacek.

Perbedaan Tetekep

Tetekep adalah menutup bilah gambelan apabila habis di pukul atau akan di pukul menurut kepentingan dalam praktek menabuh. Menutup bilah gambelan Bali Utara mungkin agak sedikit gampang di karenakan dari segi gambelan yang di pacek dan nada gambelan yang tidak terlalu lama getarannya karena dari sekian banyak karya tabuh maupun tabuh iringan tari asli Bali Utara yaitu Buleleng tempo tabuh sangat dinamis dan kebanyakan kekebyaran sedangkan gambelan Bali Selatan lebih sulit tetekep di saat sedang mempermainkan gambelan tersebut karena gambelan Bali Selatan adlah megantung dan nada gambelan saat di pukul lebih lama getarannya maka dari itu bila penabuh bali utara di suruh memainkan gambelan gong kebyar bali selatan mungkin tidak akan serapi dan sebagus penabuh bali selatan gaya tetekep maupun cara memainkan gambelannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address