RESENSI BUKU KENDANG BEBARONGAN DALAM KARAWITAN BALI SEBUAH KAJIAN ORGANOLOGI

This post was written by ardipardita on Mei 7, 2013
Posted Under: Tulisan

RESENSI BUKU KENDANG BEBARONGAN DALAM KARAWITAN BALI SEBUAH KAJIAN ORGANOLOGI

PENGARANG BUKU : Indra Sadguna

penerbit : kanisius ( anggota ikapi )

tebal buku : 74 halaman

Buku kendang bebarongan  dalam karawitan bali  : sebuah kajian organologi pada mulanya adalah publikasi skripsi I Gede Made IndraSadguna yang dipertahankan pada ujian minat utama pengkajian seni, program  seni karawitan ,  fakultas seni pertunjukan, institut seni indonesia (ISI) Denpasar tahun 2009. Menurut hemat saya hemat saya buku ini memang layak dibaca oleh banyak kalangan,  khususnya yang menekuni bidang seni karawitan Bali.

Dalam buku ini dibahas mengenai 1. Proses pembuatan kndang bebarongan.   2. Pupuh kendang.  3. Hubunngan pupuh kendang dengan tari barong. Selain itu Indra Sadguna juga berupaya mengungkapkan proses mencipyakan instrument kendang bebarongan,  yang seluruhnya (menurut buku ini) tidak lepas dari ajaran agama hindu.  Yang mana setiapkegiatan selalu harus diawali dengan penentuan hari baik(dewasa ayu,dengan harapan kegiatan yang dilaksanakan dapatberjalan lancar dan selalu dengan lindungan Tuhan Yang Maha Esa.karena secaara makna konteks kehidupan budaya pada dasarnnya tidak bisa dilepas dari upacara . sehingga eksitensi upacara akan selalu menyertai dalam segala  prose s kegiatan yang dilakukan manusia.  Hal ini tentunya terjadi pada proses pembuatan kendang bebarongan. Setelah usai dibuat, pasti akan diadakan upacara ngulapin atau masupati sebagai upaya mensucikan kembali kendang bebarongan yang baru diciptakan tersebut..

Buku ini adalah salah satu karya nyata dari sekian banyak karawitan yang penting diangkat untuk disosialisasikan kepada masyarakat  luas. Karena sekalipun di bali banyak catatan berbentuk manuskrip, diktat, atau paperkecil dan lain-lain namun keberadaan catatan-catatan tersebut (bisa dikatakan) belum dapat mencapai sasaran yang optimal. Terutama dalam kaitannya dengan upaya pelestarian mauoun penggenerasian. Sekalipun saat ini, masyarakat sangat membutuhkan informasi pengetahuankarawitan guna  dijadikan referensi maupun menunjang penciptaan karya seni.

Oleh karena itu,dengan terbitnya buku  hasil penelitian I Gede Made Indra sadguna, maka setidaknya bisa memberikan konstribusi pengetahuan, khususnya mengenai seni karawitan Bali. sekalipun buku ini masih banyak kekurangannya, akan tetapi saya menyambut positif, dan berharap semoga mahasiswa lain dapat terdorongmengikuti jejaknya. Membaca buku Indra Sadguna berjudul: kendang bebarongan Dalam Karawitan Bali: se buah kajian organologi, ruang pikir saya serasa digiring pada kesadaran baru. Pertama hadirnya buku ini telah menjanjikan harapan yang besar ats lahirnya peneliti-peneliti  muda yang peduliterhadap produk budaya lokal. Yang sejatinya. Masih banyak yang belum dikaji, khususnya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam konteks seni tradisional. Oleh karena itu dengan diterbitkannya buku ini,  tentunya tentunya semakin menambah lengkap khasanah pustaka ilmiah, baik dari kepentingan masyarakat Bali khususnya, maupun indonesia pada umumnya.

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Previose Post: