Ida Wayan Oka Granoka

This post was written by Bhagoes Pande on Oktober 30, 2012
Posted Under: Tak Berkategori

MAESTRO Yoga Musik dari Bali Timur, Ida Wayan Oka Granoka adalah filsuf Bali yang berjasa dalam mebangkitkan kembali ajaran Bhinneka Tunggal Ika melalui proses kesenian yang berbasis spiritual.

Sosok yang satu ini sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat seni. Namanya Ida Wayan Oka Granoka, terkadang ditulis lengkap Ida Wayan Oka Granoka Gong. kelahiran Budakeling, Bebandem, Karangasem 1949. Ayah lima orang anak ini sangat intens melakukan proses berkesenian berbasis spiritual. Melalui Bajra Sandhi, sanggar seni yang didirikan Ida Granoka bersama masyarakat dan anggota keluarga, hari demi hari mengayuh roda kreativitas.

Ida Granoka yang seorang dosen Fakultas Sastra Unud ini tercatat sebagai penggagas berdirinya Sanggar Bajra Sandhi di Banjar Batukandik, Denpasar 1991. Setelah mengalami ”inisiasi yoga”, sanggar tersebut menjadi Maha Bajra Sandhi tahun 2000 , mengembangkan yoga musik. Mulai sejak itu Maha Bajra Sandhi sekaligus mengawali program ”Mahkota Budaya” yang mencanangkan penghormatan terhadap maha windhu prasapta, tujuh abad Bhineka Tunggal Ika yang bergulir hingga sekarang. Lewat musik, Maha Bajra Sandhi berupaya membangkitkan energi kemurnian kundalini Bali, kemudian membangun desa ideal, adistana dan membangun parba (ulu) jagat Bali. Ini digulirkan untuk menapak bumi Nusantara. Ketika momentum seabad kebangkitan nasional Mei 2008 mendatang, Maha Bajra Sandhi menuju Trowulan dengan program ”Garba Datu” menuju puncak kemegahan. Dengan demikian diharapkan ke depan Indonesia betul-betul mahardika menuju pembebasan, pemuliaan, dan pencitraan kembali di mata dunia.

Ida Granoka juga tercatat sebagai penulis sejumlah buku, di antaranya ”Reinkarnasi Budaya”, ”Memori Bajra Sandhi”. Bersama kawan-kawan, Ida Granoka juga menulis kamus ”Bahasa Bali Kuno” dan ”Tata Bahasa Bali”.
Suami Ida Ayu Supraba ini selalu berkonsentrasi memperjuangkan idealisme dari tataran yang paling dasar yaitu estetika, etika, kemudian ke religius.

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 21st, 2022 @ 10:45 pm
Next Post:
Previose Post: