andinasuldastyasa


review 5 buku

Judul: Hasil Pendokumentasian Notasi Gending-Gending Lelambatan Klasik Pegongan Daerah Bali.

Penulis: I Nyoman Rembang

Penerbit: Departemen Pendidikan dan kebudayaan Proyek Pengembangan kesenian Bali. 1984/1985

Pada buku ini terdapat dokumen dalam bentuk notasi lagu dalam usahanya menggali atau menyelamatkan gending-gending klasik yang telah sekian lama mengalami kelesuan, sampai saat ini dapat dikumpulkan sebanyak tiga puluh enam buah lagu yang berukuran panjang dan tujuh buah tabuh telu. Jumlah ini adalah belum seluruhnya, melainkan masih banyak yang pernah ada namun belum sempat dinotasi semuanya.

Kata Kunci: notasi lagu.

Judul: Terjemahan Dan Kajian Nilai Astadasaparwa

Penulis:                  I Nengah Mahendra

Ida Bagus Udara Naryana

I Nyoman Sukartha

Komang Paramartha

Penerbit: Proyek Dan Pengkajian Kebudayaan Bali Direktorat Jendral Kebudayaan Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan 1986

Tiga aspek penelitian dan pengkajian yang ditangani oleh proyek pada tahun anggaran 1985/1986 ini yaitu aspek tradisi lisan, aspek terjemahan, dan aspek transliterasi. Ketiga aspek ini dilaksanakan oleh tim tersendiri dengan judul “Pengolahan makanan Khas Bali”, “Terjemahan Dan Kajian Nilai Astadasaparwa”, dan “Translitersi dan Kajian Nilai Tantri Pisacarana”.

Aspek terjemahan Astadasaparwa diprioritaskan dalam penggarapannya karena karya sastra ini mengandung nilai-nilai budaya Bali yang menunjang sistem budaya Bali dalam rangka mempertinggi daya piker untuk menghadapi proses transformasi akibat pembangunan (modernisasi). Dengan demikian, nilai-nilai tersebut sangat dapat disebarluaskan melalui penularan berupa buku seperti ini di samping bisa juga penularannya dengan cara yang lain.

Kata kunci: karya sastra

Judul: Pendidikan kejuruan

Penulis: Helmut Nolken

Eberhard Schoenfeldt

Penerbit: PT Gramedia, Jakarta, 1988

Buku ini membahaasmasalah pendidikan kejuruan. Terdiri dari lima bagian, masing-masing menjelaskan tentang: kaidah-kaidah pedagogi, perencanaan kurikulum, didaktik pendidikan kejuruan, dengan bidang kejuruan menggambar teknik sebagai contoh penjelasan, dan pengaturan pendidikan.

Informasi yang disusun dalam buku ini merupakan kombinasi olahan atara hasil-hasil penelitian bidang pengjaran, pembangunan kurikulum, dan manajemen pendidikan kejuruan. Semuanya disesuaikan dengan lingkup penelitian dan kondisi yang dihadapi oleh kaum muda dewasa ini di Negara-negara maju dan Negara-negara yang sedang berkembang.

Kata kunci: Pendidikan Kejuruan

Judul: Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran

Penulis: Drs. H. Zainal Aqib, M.Pd.

Penerbit: Insan Cendekia, Surabaya, 2002.

Buku ini berisi tentang pokok masalah pendidikan dan pembelajaran diharapkan menjadi acuan bagi guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah, yaitu bagaimana seorang guru dapat mengajar dengan baik, sehingga tujuan instruksional bisa tercapai sebagai mana yang diharapkan.

Kata kunci: Profesionalisme Guru.

Judul: Konjungsi Dan, Atau, Tetapi

Penulis: AG. Gianto

Penerbit: Yayasan Kanisius, 1983.

Pokok yang diteliti dalam karangan ini memang cukup sempit, yakni memakai tiga konsep bahasa Indonesia dan, atau,tetapi dipandang dari perilaku sintaktis dan semantisnya.

Dengan pokok yang sempit itu diharapkan dapat dikerjakan suatu analisis yang cukup merinci sehingga menjadi sumbangan bagi penelitian bahasa Indonesia pada umumnya.

Kata kunci: Konjungsi.


is | Topic: Lainnya | Tags: None

No Comments, Comment or Ping

Reply to “review 5 buku”