pengertian kesenian rengganis, cakepung dan genjak

This post was written by andiardiana on April 24, 2018
Posted Under: Tak Berkategori

1. KESENIAN RENGGANIS

menurut saya Rengganis adalah sebauh seni pertunjukan yang menggunakan olah vocal sebagai sumber bunyi atau suara. Rengganis sering dibawakan oleh beberapa sekelompok grup atau sekhe yang memiliki peran tersendiri. Dari setiap orang menirukan instrument gamelan seperti suara Gong dan ada juga melantunkan melodi yang terdengar keceriaan dan indah. Pertunjukan Rengganis ini membawakan lagu-lagu yang berasal dari lontar jaman dahulu yang sangat sacral. Seni pertunjukan ini suatu seni pertujukan yang sangat saklar yang memiliki vocal yang klasik dan sangat penting untuk dipelajari dan dilestarikan.

2. KESENIAN CAKEPUNG

Menurut saya Cakepung adalah seni teater yang berasal dari daerah Bali dan Lombok. Cakepung sering dipentaskan oleh beberapa pria, yang ditambahkan dengan Intrumen rebab, suling, menari, berwawankata dan bernyanayi. Samapai saat ini bahwa arti dari “cakepung” belum diketahui secara pasti. Bunyi-bunyi yang dominan dalam teater ini ialah bunyi “cek” dan “pung” serta diperdegarkan berulang-ulang sehingga terdengar Cekpung. Cakepung memiliki sebuah ungkapan teater yang ceria dan megandung pesan-pesan kemasyarakatan yang sangat penting.

3. KESENIAN GENJEK

Menururt saya Genjek adalah sebuah seni karawitan Bali yang mengunakan vocal yang sebagai sumber bunyi utama. Beberapa orang yang duduk melingkar yang sambil bernyanyi dan bergerak yang menghasilkan sebuah paduan bunyi. Satu orang sebagai pemimpin yang membawakan melodi dan satunya lagi sebagai membawa ritme. Sementara yang lainya membuat jalinan suara-suara seperti sa, pak, sriang, de, tut, ces, jos, dan sir. Dari semua suara-suara itu menirukan intrumen gamelan Bali. Seperti tawa-tawa/kajar, cengceng, kendang, reyong dan gong. Di daerah karangasem genjek ditambahkan dengan intrumen penting (mandolin). Genjek berasal dari kata gonjak yang artinya bercanda guaru, bersenda gurau untuk menghibur diri dan sering diselingi nyanyian. Seni pertunjukan ini harus dilestarikan dan dikembangkan lagi seiring perjelanan jaman yang modern seperti sekarang.

 

Comments are closed.