<

GONG KEBYAR

                                                                                                                                                                                                                                                                                            Fungsi Gong Kebyar

Gong kebyar merupakan satu barungan gembelan yang masuk ke dalam ensamble besar, dimana butuh 35 orang penabuh/ pengrawit saat memainkan ensamble ini. Gong kebyar memakai laras pelog 5 Nada (3,4,5,7,1) dan kebanyakan instrumennya memiliki 10 sampai 12 nada, yangLagu-lagunya seringkali merupakan penggarapan kembali terhadap bentuk-bentuk (repertoire) tabuh klasik dengan merubah komposisinya, melodi, tempo dan ornamentasi melodi. Matra tidak lagi selamanya ajeg, pola ritme ganjil muncul di beberapa bagian komposisi tabuh.   Desa yang sebut-sebut sebagai asal pemunculan Gong Kebyar adalah Jagaraga (buleleng) yang juga memulai tradisi Tari kebyar.

  1. Mengiringi tari, yaitu dapat mengiringi semua tarian baik tarian wali (tarian sebagai pelaksana upacara), bebali (tarian yang mengiringi upacara) dan tari balih-balihan (tarian sebagai hiburan.
  2. Mengiringi wayang, yaitu dapat mengiringi wayang dalam konteks klasik ataupun wayang yang modern/ inovatif.
  3. Mengiringi drama, yaitu dapat mengiringi drama tari, tentu dengan di iringi gong kebyar dapat memperjelas karakter, mendukung suasana dan mengisi aksen-aksen gerak dalam drama tari tersebut.
  4. Mengiringi vocal, di Bali biasanya ada vocal yang di iringi oleh gambelan disebut sandia gita atau gegitaan.

Jenis instrument yang ada dalam barungan (ensamble) Gong Kebyar beserta fungsi dan tehnik memainkannya.

  • Kendang

Kendang adalah instrument yang terbuat dari kayu yang bentuknya tabung yang memiliki 2 muka yaitu satu diameternya lebih besar dan yang lebih kecil, kendang di dalam gonk kebyar ada kendang lanang wadon dan ada kendang tunggal atau bebarongan. fungsi kendang di dalam gong kebyar adalah: sebagai pemurba irama, sebagai penghubung bagian lagu, membuat angsel-angsel dan mengendalikan irama gending. Cara-cara memainkan kendang ada: Milpil, batu-batu, Gagulet dan cadang runtuh.

  • Terompong

Terompong adalah salah satu instrument yang ada di gong kebyar, terdiri dari dua bagian yaitu daerah yang di pukul berbentuk pencon yang berjumblah 10 pencon, dan tungguhnya yang terbuat dari kayu biasanya di ukir atau lelengisan (yang tidak di  ukir), fungsi instrument terompong adalah: memainkan melodi pokok, memulai lagu lelambatan dan membuat fareasi dan memperjelas melodi. Tehnik memainkan instrument terompong ada: ngeluluk, neliti, nyele, ngembat, ngempyung, ngembat, nyintud, nyilih asih nyekati, ngumad, nguluin nerumpuk, ngoret, dan ngerot.

  • Giying atau Ugal

Giying atau ugal adalah salah satu instrument yang ada dalam barungan gong kebyar, ugal terdiri dari duabagian juga yaitu daerah yang di pukul berbentuk bilah dan tungguhnya yang terbuat dari kayu bisa di ukir atau lelengisan. Fungsi dari ugal atau giying adalah: memulai gending, membawakan melodi gending dan menyambung atau menghubungkan ruas-ruas lagu. Tehnik memainkan ugal atau giying ini ada: ngoret, ngerot, netdet, ngecek dan neliti.

  • Pemade

Pemade adalah instrument yang ada dalam barungan gambelan gong kebyar yang dimainkan dengan polos dan sangsih, pemade juga terdiri dari dua bagian yaitu daerah yang di pukul berbentuk bilah dan tungguhnya terbuat dari kayu bisa di ukir atau lelengisan. Fungsi dari pemade adalah: memberikan angsel-angsel membuat jalinan motif-motif tertentu dan mengisi rongga-rongga antara penyahcah dan jublag. Tehnik memainkan pemade ada: ngubit, norot, nyekati, gegulet, beburu, oncang-oncangan, ngoret, ngerot, ngantung milpil, netdet nyogcag dan asu nuntun saji.

  • Kantil

Kantil adalah instrument yang ada dalam barungan gambelan gong kebyar yang dimainkan dengan polos dan sangsih, fungsi, tehnik pemainan dalam kantil dan pemade sama, Cuma yang membedakan adalah ukuran baik bilah atau tungguh kantil ukurannya lebih kecil.

  • Reong

Reong adalah satu instrument dalam barungan gambelan gong kebyar, reong juga terdiri dari dua bagian yaitu daerah pukul yang berbentuk pencon dan tungguhnya yang terbuat dari kayu bisa di ukir maupun lelengisan. Fungsi dari reong adalah: : memberikan angsel-angsel membuat jalinan motif-motif tertentu dan bisa juga menghubungkan lagu. Tehik memainkan reong ada: norot oncang-oncangan, ngubit, gegulet, berburu, nelutur, asu anuntun saji,dan memanjing.

  • Penyahcah

Penyahcah adalah instrument yang ada dalam barungan gambelan gong kebyar, penyahcah juga terdiri dari dua bagian yaitu daerah yang di pukul berbentuk bilah dan tungguhnya terbuat dari kayu bisa di ukir atau lelengisan. Fungsi dari penyahcah adalah: melipatgandakan pukulan jublag dan menjadikan pukulan lagu yang ajeg. Tehnik memainkan penyahcah ada: neliti.

  • Jublag

Jublag adalah instrument yang ada dalam barungan gambelan gong kebyar, jublag juga terdiri dari dua bagian yaitu daerah yang di pukul berbentuk bilah dan tungguhnya terbuat dari kayu bisa di ukir atau lelengisan. Fungsi dari jublag adalah: menentukan jatuhnya pukulan jegog. Tehnik memainkan jublag ada: neliti, nyelah dan ngempur.

  • Jegogan

Jegogan adalah instrument yang ada dalam barungan gambelan gong kebyar, jegog juga terdiri dari dua bagian yaitu daerah yang di pukul berbentuk bilah dan tungguhnya terbuat dari kayu bisa di ukir atau lelengisan. Fungsi dari jegogan adalah: menandai lagu mencapai satu prase (kalimat) dan menentukan jatuhnya gong atau kempur. Tehnik memainkan jegogan ada: nyelah.

  • Kempur

Kempur adalah salah satu instrument dalam gong kebyar yang berbentuk pencon. Fungsi dari kempur adalah: menandakan akan jatuhnya pukulan gong.

  • Gong

Gong adalah salah satu instrument dalam gong kebyar yang berbentuk pencon . fungsi dari gong ada: menandakan slesainya satu lagu atau gending dan menjadi tanda peralihan lagu atau gending.

  • Suling

Suling adalah instrument dalam gong kebyar yang terbuat dari bamboo yang di kasi lubang umumnya enam lubang yang menghasilkan nada sesuai dengan setandar nada pada instrument lain dalam barungan gong kebyar tersebut. Fungsi dari suling adalah: menjadi pemanis dalam lagu. Tehnik memainkan suling ada: ngelik, neliti dan wilet.

  • Kajar

Kajar adalah salah satu instrument yang ada dalam barungan gong kebyar serta berbentuk pencon, fungsi dari kajar adalah: menentuan cepat lambatnya lagu atau gending.

  • Kecek

Kecek adalah salah satu instrument yang ada dalam barungan gong kebyar, kecek berbentuk pangkon atau cembung yang biasa di sebut simbal. Fungsi dari kecek adalah: memberikan angsel-angsel atau aksen dalam suatu gending atau lagu.


April 23rd, 2013 at 10:37 am