SENI

This post was written by alitputra on April 16, 2018
Posted Under: Tulisan

Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa di lihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan. Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit untuk di nilai.

Seni pada awalnya berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti pemujaan, persembahyangan dan pelayanan. Kata-kata tersebut memiliki kaitan yang cukup erat dengan upacara keagamaan yang biasa disebut dengan “kesenian”. Menurut Ki Hajar Dewantara seni merupakan hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia juga dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni. Seni dapat dibagi menjadi 6 bagian, yaitu:

  1. Seni Rupa

Seni rupa merupakan salah satu dari cabang kesenian. Seni rupa memiliki wujud pasti dan tetap yakni dengan menggunakan elemen rupa sebagai salah satu wujud yang dikelompokkan ke dalam bentuk multimedia, gambar, lukis, patung, kerajinan tangan, kriya dan grafis.

Kompetensi dasar yang harus dimiliki dalam bidang seni rupa meliputi kemampuan memahami dan berkarya lukis, kemampuan memahami dan membuat atau memahat patung, kemampuan memahami dan membuat karya grafis ,kemampuan memahami dan membuat kerajinan tangan/hand crafting, serta keahlian memahami dan berkarya atau membuat sarana multimedia. Terminologi ini ditetapkan sebagai dasar kecakapan seseorang yang mampu menguasai bidang kerupawanan.

  1. Seni Musik

Unsur suara merupakan elemen utama dari seni musik. Unsur lain dapat berbentuk harmoni, melodi dan notasi musik yang merupakan wujud sarana yang diajarkan di sekolah. Media yang digunakan dalam seni musik adalah vokal dan instrumen. Karakter musik instrumen bisa berbentuk alat musik yang berasal dari Barat dan alat musik Nusantara/tradisional. Jenis alat musik tradisional antara lain adalah seruling, gambang kromong, gamelan, angklung, rebana, kecapi, kolintang dan arumba. Jenis alat musik dari Barat antara adalah piano, gitar, flute, drum, musik elektronik, sintetiserr, seksopon, dan terompet.

Kompetensi atau kemampuan dasar yang harus dicapai dalam mempelajari seni musik meliputi kemampuan dalam memahami dan berkarya musik, pemahaman ilmu pengetahuan musik mencakup harmoni, melodi dan notasi musik serta kecerdasan musikal yang dapat membuat seseorang beradaptasi dengan berbagai perangkat musik secara cepat.

Tidak hanya itu, kamu juga butuh kemampuan untuk memahami dan membuat notasi, kemampuan untuk mengaransemen, serta untuk praktik dasar maupun mahir dalam banyak atau beberapa alat musik atau instrumen secara terampil, serta kemampuan memahami dan membuat karya berbasis multimedia.

  1. Seni Teater

Kompetensi dasar dalam bidang seni teater mencakup kemampuan dalam memahami dan membuat karya teater, kemampuan memahami dan membuat karya naskah, kemampuan memahami bermain peran di bidang casting, kemampuan memahami dalam membuat setting atau tata teknik pentas panggung dan menciptakan suasana sebagai perangkat tambahan yang diperlukan dalam membidangi seni teater.

Disisi lain, kemampuan untuk memahami seni peran di luar dirinya membutuhkan keahlian khusus yang harus dikuasai secara teoiritis maupun teknis dalam berkarya teater. Kemampuan memahami dan membuat sarana dan prasarana untuk perlengkapan berbasis multimedia adalah pendekatan aktual yang wajib dikuasai seorang pemain drama dalam kaitannya dengan penyajian teater yang berbasis teknologi. Seni teater juga sebagai bagian dari integral kesenian untuk memiliki media ungkap suara dalam wujud seni peran.

  1. Seni Tari

Tari adalah gerakan halus yang memiliki unsur estetis. Gerak dalam tari memiliki makna tertentu dari koregorafer. Keindahan seni tari terletak pada kepuasaan dan kebahagiaan dari para penonton maupun para penari.
Keahlian yang dibutuhkan dalam menari meliputi keahlian dalam menari tradisional ataupun tari garapan/modern. Kemampuan untuk memahami serta menguasai tujuan dari tari itu sendiri yang diarahkan oleh koreografer. Kemampuan untuk memahami koreografi adalah keterampilan khusus yang memiliki hubungan dengan kepekaan koreografi, di sisi lain diharapkan para penari memiliki kepekaan memahami secara menyeluruh aspek-aspek dalam tari dan aspek keindahan secara teknis. Sebagai penyesuaian dari abad modern, kemampuan untuk memahami dan membuat perangkat multimedia erat hubungannya dengan tari adalah bentuk penyesuaian sumber daya manusia yang beradaptasinya dengan teknologi.

  1. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan adalah seni yang berbentuk benda hasil kerajinan. Kerajinan tangan memiliki unsur-unsur bordir, renda, seni lipat, seni dekoratif, serta kegiatan seni yang menekankan pada keterampilan tangan. Seni dan pengetahuan yang lain dapat dipahami dan diketahui oleh pembaca dalam usaha pengembangan kepribadian dan keanekaragaman. Dalam suatu bentuk kehidupan akan terasa datar dan gersang apabila tidak memiliki unsur seni. Kesenian dapat menyempitkan aspek budaya dan memperluas cakrawala hidup serta keanekaragaman ilmu pengetahuan seseorang. Secara aktual kesenian yang ada dalam berwujud seni musik, rupa, teater, dan tari secara multilingual, multikultural, dan multidimensional.

 

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address

Next Post: