Sejarah Singkat Desa Rendang

This post was written by agusjunaedi on April 27, 2019
Posted Under: Tak Berkategori

 Sejarah Desa Pakraman Rendang

Desa Rendang merupakan salah satu dari enam Desa yang ada di Kecamatan Rendang, Sejarah singkat mengenai terbentuknya Desa rendang berawal dari kata RENENG yang berarti damai, secara tegas arti dari kata Reneng dimaksud adalah bahwa kehidupan masyarakat di wilayah Desa Rendang selama masa Pemerintahan Adat Bali terkenal dengan kedamaiannya, dimana masyarakatnya hidup rukun, damai serta segala kegiatan yang ada di Desa Reneng berjalan dengan lancar, aman, tertib, sesuai dengan aturan adat yang telah disepakati bersama. Selanjutnya dalam sejarah perkembangannya kata reneng secara berangsur-angsur berubah penyebutannya menjadi RENDANG yang sampai saat ini disepakati disebut Desa Rendang.

Pada mulanya Desa Rendang masuk wilayah Kerajaan Kelungkung dibawah pimpinan I Dewa Anom dari nyalian yang terkenal dengan sebutan I Dewa Anom Rendang. Dibawah pimpinan beliau Desa Rendang banyak mengalami kemajuan baik dibidang Parhyangan dengan mendirikan tempat-tempat suci maupun dibidang sarana dan prasarana seperti jalan, pengairan (irigasi) serta bidang keamanan. Kebutuhan masyarakat banyak mendapat perhatian dan penanganan serius sehingga masyarakat Rendang dapat hidup dengan tenang, dan damai. Sebagai wujud penghormatan kepada jasa I Dewa Anom akhirnya namanya diabadikan menjadi nama jalan yaitu Jalan Dewa Anom.

Selanjutnya pada tahun 1917 Desa Rendang masuk wilayah Karangasem yang wilayahnya meliputi Kubakal dan Alas Ngandang, dimana penduduknya sebagian besar berasal dari Daerah Klungkung, Bangli, Gianyar, dan Badung namun dalam tata pergaulannya sehari-hari seluruh warganya dapat hidup berdampingan secara rukun (Profil Pembangunan Desa Pakraman Rendang, 2010).

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address