Fungsi fungsi tungguhan gamelan gong kebyar

Maret 19th, 2018

Giying adalah tungguhan yang mempunyai fungsi memimpin lagu. Dalam barungan gong kebyar terdapat dua tungguh giying yaitu giying polos dan giying nyangsih. Giying polos yang memimpin lagu yang kebanyakan pukulannya jatuh pada ketukan . giying nyangsih mengikutinya .

Pemade ,tungguhan ini mempunyai garap berjalin sehingga sajian gending kebyar mempunyai tekstur yang sangat kaya. Konstruksi fisik dan tatanan nada mirip dengan giying.

Kanthil    ,tungguhan kantil juga merupakan tungguhan yang bertugas dibagian lagu tugasnya sama dengan pemade tetapi memberi warna lebih ceria karna pelarasannya satu angkep di atas nada nada pemade dengan demikian kanthil merupakan tungguhan pukul dengan nada tertinggi diantara tungguahan tungguhan pukul lainnya didalam barungan gong kebyar.

Jublag, tungguhan ini juga mempunyai sumber bunyi bilah yang sama dengan giying ,pemade dan kantil fungsinya dalam penyajian adalah sebai tulang punggung melodi .

Berbeda dengan giying ,pemade,dan kantil bertugas memberi variasi lagu melodi  .sedangkan jublak tidak perlu memberikan variasi.

Jegogan , tungguhan ini berfungsi memberi aksentuasi pada setiap akhir frasa ,kalimat lagu dan akhir gending ,hanya jegogan mempunyai ukuran yang lebih besar serta nada nadanya dilaras satu angkep.

Penyacah , tungguhan ini berfungsi sebagai bidang lagu seperti jublag tetapi lebih detail dari sekedar rangka melodi.

Riyong ,tungguhan ini berfungsi sebagai kerangka lagu tetapi juga sering difungsikan sebagai penghias lagu.

Trompong , fungsinya sebagai penyaji melodi utama biasanya untuk menyajikan gending gending lelambatan di dalam gamelan gong kebyar.

Kempluk , tungguhan ini juga sering disebut kajar bentuk bunyinya adalah pencon ,dan hanya pencon saja . tugasnya dalam sajian adalah sebagai penegak irama dan laya atau tempo.

Ceng ceng  ,dalam sajian gending gending kebyar ceng ceng mempunyai peran yang sangat penting yaitu mempertegas angsel yaitu pengaturan dinamika musikal lewat gabungan tenpo dan volume.

Gong , tugas utama adalah memberi tekanan pada akhir kalimat lagu dan akhir sajian.

YouTube Preview Image

2 Responses to “Fungsi fungsi tungguhan gamelan gong kebyar”

  1. agusartana berkata:

    thank you

  2. yopute momde berkata:

    cinT1j wow, awesome blog post.Really looking forward to read more. Really Great.

Leave a Reply