agusaprianta on April 3rd, 2018

Struktur tabuh kreasi Bintang Kartika
Kabupaten Gianyar, Tahun 2007
Pencipta Tabuh : Indra Sadguna

1.Pengawit
– kebyar bersama
– penonjolan instrumen
-pengolahan melodi

2. Gegenderan
-penonjolan instrumen gangsa
-penonjolan instrumen reong

3. Kebyar
– pengolahan kebyar disertai dengan kendang barong
– pengolahan melodi suling
4. Pengadeng 1.
-pengembahan pukulan calung, jegog, penyacah
– pengolahan melodi suling
– penonjolan instrumen kendang dan cengceng
5. Pengadeng 2.
-pengolahan nada suling

agusaprianta on April 3rd, 2018

Arja Sampik Ingtai

Sampik ingtai adalah seni pertunjukan arja yang mengambil sebuah lakon atau cerita kisah cinta sebuah remaja yang berakhir menyedihkan karena cinta mereka tidak tercapai.
Arja ini didirikan oleh leluhur kami di banjar sekar mukti pada tahun 1990 yang saat ini sudah mencapai generasi ke-3.
Arja ini pernah direkontuksi 2 kali yaitu,pada PKB tahun 1996 dan tahun 2012. Demikian sejarah keberlangsungan arja Sampik Ingtai di daerah kami yang telah mengalami rekontruksi kami warisi dan kami kembangkan saat ini.

agusaprianta on April 3rd, 2018

Wayang Tetamian
Kacritayang ring Desa Kangin, wenten wayang druen Pekak Jaya. Raris wayang punika katamiang/kawarisin ring cucune sane mapesengan Yan Koncreng. Tanceritayang malih, Pekak Jaya sampun newata, laut kaupacarayang lan kapalebon. Raris kabaos Yan Koncreng ring jumahne, satata gupuh repot nyalanang swadarma sarahina-sarahina. Napkalaning tumpek wayang, setata Yan koncreng inget teken pituah pekakne, apange ngaci wayange di jumahne. Padidi ye ngrimik Yan koncreng.

Yan Koncreng : ”Sing med-med rahinan kekene, suud tilem, kajeng kliwon, suud purnama, tumpek wayang, jeg mati uyak rahinan kekene, warisina pakeweh lonto, majeljel kene. Jani misi kepeken meli canang sing taen maan ngoyong pipise”
Keto Yan Koncreng ngerimik di jalane.
Yan Koncreng : “Swastiastu mek nik”
Mek Nik : “Nggih, tiang yan ”
Yan Koncreng : “Mek bang je numbas canang jak bantene”
Mek Nik : “Nggih yan, nak engken adi keto sebenge ?”
Yan Koncreng : “Apa men mek, tiang inguh mek, ngenehang pakewehe di jumah,
Mek Nik : “Nak ngudyang yan meli canang liu ajak banten sebilang tumpek wayang?”
Yan Koncreng : “Nika mek nik, pidan pekak tiange ngewarisang wayang akropak”
Mek Nik : “Sampun je kenten”
Yan Koncreng : “Napi ampun je kenten? Tiang ane ten kuat nampedang pakewehe pedidi di jumah”
Sedeng itehe Yan Koncreng nutur masalah wayang ento ajak Mek Nik. Wenten anak lanang sane mireng unduk wayange ento. Katampekin raris Yan Koncreng olih anak lanange punika, mabudi jagi numbas wayange punika.
Pak kaler : “buuukk…buuukk dadi yang metakon?”
Yan Koncreng : “Nggih metakon napi pak?”
Pak Kaler : “Tunyan tiang mirengang ibuk ngortaang wayang akropak, punapi nika?”
Yan Koncreng : “Ohh unduk nika, tiang polih warisa wayang akropak ken pekak tiange, mangkin tiang ngaryanin upakarane, repot pisan, jeg bingung tiang pak, soalne tiang pedidi di jumah.”
Pak Kaler : “patut nika, kari becik wayange nika?”
Yan Koncreng : “Nak mawadah kropak nika pak, karii….kari becik nika”
Pak Kaler : “Yen kal adep tiang numbas nggih? Aji kuda bang ibuk nika? Kal anggen tiang priasan ring pondok”
Yan Koncreng : “Ohh kenten?? Cingak nae dumun ke jumah tiange, yen asanange cocok tumbas je pak, pang bedikan tiang ngerakse pakeweh, gegaen ten nekaang pipis”
Pak Kaler : “Ohh nggih nggih ngiring nake!”
Yan Koncreng : “Ngiring ngring mek kar kalain tiang malu”
Mek Nik : “Nggih… nggih”
Ngrimik dagange ngerengkeng di subane ningehang tutur Yan Koncreng sareng anake lanang punika.
Mek Nik : “Apeje orange Yan koncreng, ade wayang adepe mania de mas ajak tanah jeg be bise di pegadaian nengok.”
Disubane yan koncreng sareng anake punika neked di umahne, raris kacingak lan katumbas wayang punika.
Yan Koncreng : “Pak nika sampun wayange, nak kari becik niki”
Pak kaler : “Nggih patut pisan, tiang numbas nggih, pang ten driki ten wenten gunane.”
Yan Koncreng : “Nggih pak tumbas ampun, pang bedikan pakeweh tiange”
Pak Kaler : “Nggih Nggih niki jinahe skirang-kirangne tiang nunas nggih buk”
Yan Koncreng : “Nggih suksema pak”
Raris anake lanang punika matilar ring umahne yan koncreng, kenehne liang pesan buka katiben bulan maan meli wayang kuna akropak, melah buina mudah. Engseb suba suryane nyaluk peteng suba gumine.
Caritayang di jumahne yan koncreng, legane sing amat-amat ngelah pipis liu. Baan legane masriyet raris panyingakane tumuli sirep. Di pasirepan lantas yan koncreng ngipi tekain wayang ane gede pesan lan pekakne
Wayang : “Ehh yan koncreng nyai, tulah pesan pejalan nyaine, bani-bani kanti nyai ngadep awake, pidan dugase prkak nyaine nu idup tusing bani ngadep wake, state wake urusange. Jani suba tandang laran nyaine!
Yan koncreng mabrekehang sing ngidan mesaut melaib, biin kategakin baan wayange ento, biin kajambak, biin kalangseg, pamuputne limane yan koncreng metatu. Disubane endag suryane, mekelo ye mekeneh-keneh sambilange kayeh.
Yan Koncreng : “(Sengal-sengal angkihane bangun),yeehhh adi merase ngangah limane nah (metatu), jeg aneh ipian tiange, alih wayang mapinda raksasa, apa je to? Dadi jeg nyerem-nyeremang jani asanange di jumah nah, kal ade ape jani ne?”
Ditu lantas yan koncreng mepangenan teken ipiane ento.
Mek Nik : “Swastyastu yann.”
Yan Koncreng : “(mepangenan)”
Mek Nik : “Nak ngudyang wayan bengong ne?”
Pak Kaler :”Swastyastu.”
Yan Koncreng :”Nggih swastyastu”
Mek Nik :”Wayan nak ngudyang geluin uli tuni sing mesaut, ade unduk ape ne?”
Yan Koncreng :”yang ngipi jelek mek, di ipiane yang alihe ken wayang ane serem ulian yang ngadep wayang tetamian pekak e to, asanange tregese liman tiange, mare bangun jeg sube saget metatu”
Pak Kaler :”dadi patuh buk, tiang nak mai kal nguliang wayang, merase masih tiang alihe di ipiane”
Mek Nik :”Bahhh,, yen unduk keto sing je dadi wayan ngadep tetamian leluhur nak ento harus lestariang”
Pak Kaler :”saje masih yen keto pang sing ulian keto hidupe sing tenang”
Yan Koncreng :”Nah yen keto tiang je pelih, jani tiang kal melajah apang bise nyage warisan leluhur.”

agusaprianta on April 3rd, 2018

Sejarah Gamelan Gong Kebyar di Banjar Batumulapan
Banjar Batumulapan merupakan salah satu banjar yang ada di Desa batununggul Kecamatan Nusa penida Kabupaten Klungkung. Menurut Bapak Mangku Agus dan pengelingsir di Banjar Batumulapan, sejarah gamelan di Banjar Batumulapan pertama kalinya sekitar tahun 1967. Awalnya sekitar tahun 1967, Banjar Batumulapan hanya memiliki gamelan baleganjur. Setelah berselang beberapa bulan kemudian masyarakat Banjar Batumulapan berinisiatif untuk membeli gamelan gong kebyar. Namun, pada saat itu masyarakat hanya memiliki dana yang sangat minim. Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat demi memiliki Gamelan Gong Kebyar yaitu, dari sekha manyi (panen jagung) menghimpun diri untuk mengisi waktu luang dengan membuat sekha demen , khususnya yang senang menabuh gamelan. Untuk bisa membeli gamelan, kelompok itu menyisihkan upah yang di dapat dari penjualan jagung. Sekitar tahun 1969 dana terkumpul, namun masyarakat Banjar Batumulapan hanya bisa sebatas membeli daun gangsa, sedangkan pelawah dan bumbungnya hanya bisa meminjam di Banjar kutapang. Selama tahun 1969, selain melaksanakan kegiatan latihan- latihan rutin, sekha gong banjar batumulapan aktif melakukan latihan-latihan megambel diluar Banjar.

Perkembangan Gong Kebyar di Banjar Batumulapan
Pada tahun 1992 sekha yang ada di Banjar Batumulapan berkembang, dan membentuk kesenian Drama Gong yang sekarang ini sering di pentaskan di pura dalem cemara, setiap odalan di pura dalem cemara kesenian drama gong harus di pentaskan,karena dulu katanya kalau drama gong itu tidak di pentaskan maka salah satu masyarakat banjar batumulapan mengalami sakit demam “ujar Bapak Mangku Agus” Karena keinginan yang masih menggebu-gebu , akhirnya pada tahun 1998 timbul kenginginan dari masyarakat Banjar Batumulapan untuk memiliki perangkat gamelan Gong Kebyar yang utuh, melalui prajuru/kelian banjar Batumulapan pada tahun 2001, masyarakat di suruh mengumpulkan dana untuk membeli pelawah baru . Semenjak sudah memiliki perangkat gambelan yang lengkap, sekhaa gong banjar batumulapan terus melakukan kegiatan berkeseniannya hingga sampai saat ini.
Adapun instrumen yang terdapat didalam gamelan Gong Kebyar di Banjar Batumulapan :
1. 1 tungguh terompong
2. 2 buah kendang (lanang dan wadon)
3. 1 buah cenceng ricik
4. 3- 5 buah suling
5. 1 buah ugal
6. 1 buah kajar
7. 4 buah pemade
8. 4 buah kantilan
9. 1 tungguh reyong
10. 2 buah jublag
11. 2 buah jegog
12. 2 buah gong (lanang dan wadon)
13. 1 kempur
14. 1 buah bende
15. 1 buah kemong
16. 1 buah kempli
Dengan perangkat gamelan yang telah dimiliki di banjar Batumulapan, sekha mampu mewujudkan rasa bakti dengan konsep ngayah-ngayah di lingkungan Banjar bahkan di luar Banjar. Dengan perkembangan gamelan Gong Kebyar masa kini yang telah adanya tambahan instrument 1 buah ugal , dan 2 buah penyacah, di banjar Batumulapan tidak terdapat instrument tersebut karena sekha Gong Eka putra masih mempertahankan konsep tradisi dan gamelannya juga tidak meprada seperti gamelan masa kini yang banyak menggunakan prada untuk mempercantik penampilan gamelan Gong Kebyar tersebut. Dan hingga saat ini konsep tradisional tersebut masih dipertahankan dengan baik agar dapat di warisi kepada anak cucu di generasi akan datang.

Analisa lagu Maluku yang berjudul Hepri yang berada di daerah babarisla

Kali ini saya akan mencoba menganalisa sebuah lagu daerah yang berjudul Hepri berasal dari daerah Babarisla di Maluku. Menurut analisa yang saya lakukan terhadap lagu ini, saya mendapatkan sedikit informasi dari lagu yang saya dengarkan ini, diantaranya ada vokal dan instrument.instrumen yang digunakan didalam lagu Hepri ini menurut pendengaran dan analisa saya, saya memperkirakan instrument yang digunakan adalah instrument gendang atau rebana karena tidak begitu jelas saya dengarkan jadi saya hanya bisa memberi sedikit bayangan gambaran untuk lagu Hepri ini. Didalam lagu ini hanya berisi vokal laki – laki da nada satu vokal laki – laki yang menjadi peminpin lagu ini. Lagu hepri ini diawali atau dimulai dengan vokal yang dinyanyikan oleh satu orang kemudian diikuti oleh anggotanya dan berhenti sejenak untuk memulainya permainan instrument gendang atau rebana dan berisikan vokal didalamnya. Tepo yang dimainkan disini mulai dari pelan dan kemudian sedikit dipercepat dan kemudian turun lalu terus datar sampai akhir lagu ini. Hanya demikian gambaran dari analisa yang saya lakukan, saya berharap analisa saya bisa diterima dan dapat menambah wawasan bagi pembaca.