TOKOH SENIMAN DI DESA AKAH

This post was written by adnyasuantara on Januari 10, 2012
Posted Under: Tak Berkategori

FROPIL SENIMAN TARI TOPENG I GEDE KORSA

 Di Bali terdapat beberapa aspek pokok yang sangat berkaitan erat dan sangat mendarah daging dengan masyarakat BALI, yaitu Seni, Budaya dan Agama. Perkembangan Seni pada kehidupan masyarakat BALI merupakan sesuatu yang lahir dari interaksi masyarakat itu sendiri. Hasil Kebudayaan dituangkan baik melalui aktifitas Seni Tari, Karawitan, maupun Seni-seni yang lain, yang dimana semua itu merupakan suatu aspek dari kehidupan beragama masyarakat BALI

Melihat itu, I GEDE KORSA sebagai seniman Tari Topeng yang lahir pada tahun 1937,yang bertempat tinggal di Desa AKAH,Banjar Gingsir,Klungkung.Pekak KORSA,begitu sapaan yang sering terdengar dari para teman – teman seniman nya.Peranan nya sebagai seniman,tidak lepas untuk slalu menyiapkan tenaga untuk ngayah- ngayah di pura-pura sebagai penari Baris Gede,penari Topeng,Mapang Barong,dan juga sebagai Pengurus kesenian di Desa AKAH.Selain itu juga Pekak Korsa,juga ngajar nari di rumah nya,yang di bantu oleh cucu nya,Agus Adnya,yang juga pelaku seni. Semua itu di lakukan demi ajeg nya Budaya BALI.karna hanya dengan melakukan tindakan nyata serta pengabdian yang tulus iklas dan dengan di dasari oleh Seni, Budaya,Agama,dan Pariwisata,BALI akan dapat terus berkembang.

Terlahir dari keluarga yang amat sederhana,yang Pekak Korsa,sering di panggil tidak berdiam saja dalam kecintaan saya dengan Seni Budaya BALI baik di tingkat lingkungan tempat tinggal,sampai Nasional. Adapun yang sudah saya lakukan antara lain, membuat beberapa perlengkapan Pitra Yadnya seperti,Bade,Singa,Lembu,dan bermacam – macam lagi,dan menarikan berbagai jenis tarian BALI.

Memang semua itu di dasari dengan kecintaan saya terhadap kesenian BALI,dan dengan penuh rasa pengabdian dan tanggung jawab terhadap kelangsungan dan ajeg nya Seni Budaya BALI dan perkembangan Pariwisata.Itu semua bisa dilihat dari aktifitas berkesenian saya secara nyata di lingkungan Desa tempat tinggal saya.

Tutur’ Kak Korsa……………

Reader Comments

Trackbacks

  1. A片  on Agustus 22nd, 2022 @ 12:42 am
  2. Arie Baisch  on November 3rd, 2022 @ 4:44 pm