FENOMENA POPULER DALAM MUSIK EKSPERIMENTAL

Kamis, Mei 3rd, 2018

Kebutuhan manusia akan seni kian hari kian meninggkat, hal tersebut terlihat dari berbagai upaya dalam menginovasi kesenian, salah satunya adalah musik. Berbagai musik baru diciptakan dan hadir seolah meramaikan pergulatan kesenian. Penciptaan musik baru merupakan gerakan pembaharuan dengan berbagai cara seperti memberi interpretasi, mencoba melepaskan diri, hingga melakukan perombakan terhadap konsep dan gagasan musik tradisional atau musik yang sudah ada. Berbagai cara pembaharuan tersebut diatas merupakan sebuah percobaan yang bersistem atau berencana, bisa juga disebut dengan istilah ekperimen atau musik ekperimen.

 

YouTube Preview Image

Menurut Arya Sugiartha, tahap eksperimen merupakan sebuah percobaan dengan cara berorientasi pada eksplorasi secara bebas baik pada aspek-aspek fisik, musikalitas maupun gagasan. Pada tahap ini biasanya dilakukan perubahan secara radikal mulai dari cara pandang, cita rasa, dan karakteristik yang sebelumnya dikurung oleh sesuatu yang terpola, standar, seragam dan bersifat sentral. Sebuah eksperimen sifatnya lebih personal atau individu, tampil dengan ungkapan yang lebih bebas, terkesan aneh, nakal, bahkan urakan. Media ungkapnya biasanya mulai dari gamelan, instrument campuran, hinnga benda-benda non gamelan. (ppt, 2018 : 10).

Dalam tahap eksperimen, bunyi bukan menjadi faktor utama dalam mengimplementasikan sebuah karya, namun ada beberapa aspek penting yang menjadi indikator terciptanya musik eksperimental seperti kesadaran, prilaku, lingkungan dan klasifikasi sosial. Keempat indikator tersebut memiliki perannya masing-masing.

Kesadaran merupakan sebuah kontak batin (psikis) yang dimiliki setiap manusia terhadap fenomena atau isu yang ada dilingkungannya sehingga dapat menyebabkan perhatiannya terpusat pada fenomena atau isu tersebut.

YouTube Preview Image

Vidio tersebut merupakan contoh dari sebuah fenomena dan kesadaran. Fenomena populer yang dimaksud yaitu aktifitas manusia dalam kesehariannya. penulis menyadari bahwa ada sebuah ritme dan dinamika yang timbul dari aktifitas tersebut sehingga menyebabkan perhatiannya terpusat pada hal tersebut dan ingin mengangkatnya kedalam sebuah karya music eksperimental. Hal itu lah yang penulis maksudkan dari sebuah kesadaran.

Prilaku yaitu bagaimana kita dalam menyikapi atau sejauhmana prilaku kita dalam mengekspresikan fenomena atau isu yang kita sadari.

Lingkungan yaitu sebuah wilayah penting dalam kemunculan isu-isu yang menjadi faktor dalam menentukan ide atau gagasan.

Klasifikasi sosial merupakan golongan tertentu masyarakat, apakah termasuk golongan atas, menengah atau bawah.

Merujuk pemahaman diatas, lahirlah sebuah karya musik eksperimental yang menggunakan medium sepeda motor sebagai objeknya.

YouTube Preview Image

Karya ini menjelaskan, dari berbagai jenis motor menentukan karakter suaranya masing-masing. Setiap jenis motor memiliki warna dan karakter suaranya masing-masing yang dihasilkan diluar permainan si pelaku. Ketika sipelaku memainkan suara motor tersebut sesuai dengan suasana hati yang sedang dirasakan dengan menekan ekpresi dan emosi, maka akan menghasilkan sebuah ritme dan dinamika dari permainan tersebut.

 

INFORMAN

Prof. Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.Skar., M.Hum

Comments are closed.