pembuatan kendang

Langkah awal pembuatan kendang yaitu mencari kayu yang akan dibuatkan kendang,kayu yang bagus di gunakan untuk pembuatan kendang adalah kayu nangka atau tewel,kayu nangka tersebut dibentuk lingkaran yang menggunakan alat dan menggunakan tenaga manusia, kayu yang di gunakan untuk pembuatan kendang, itu bentuk yang belum menjadi sebuah kerangka kendang dan kayu tersebut akan di olah atau di bentuk menjadi sebuah kerangka kendang dengan ukuran kendang bebarongan yang berukuran 27cm, kayu yang dibentuk tersebut di jemur selama 3 hari supaya kayu tersebut menjadi kering, setelah itu akan di pasangkan kulit untuk menutupi kerangka kendang tersebut dan akan menjadi sebuah kendang.

GAMELAN SEMAR PEGULINGAN DI BANJAR NEGARI SINGAPADU

Adanya semara pegulingan di banjar saya adalah pada mulanya banjar saya mendapat kan bansos dari DPR dan bansos tersebut diberikan kepada pemuda di banjar saya dan pemuda pun mempunyai ide untuk membeli gambelan semara pegulingan mumpung di banjar sudah ada gambelan gong kebyar maka pemuda memilih untuk  membeli gambelan semara pegulingan, di banjar saya pemuda lebih sering memainkan gamelan semara pegulinga dari padameminkan gamelan gong kebyar.

Adanya gambelan semarapegulingan di banjar negari sejak tahun 2013 tersebut di karnakan adanya gebrakan dari pemuda untuk memiliki gambelan tersebut makanya upaya tersebut di usulkan untuk mencari dana atau membuat proposal untuk diajukan kepada calon anggota DPR. Adanya gambelan tersebut dikarnakan untuk adanya kreatifitan dan keaktifan dari pemuda di banjar negari tersebut, dan dikarnakan banyak peminat gamelan tersebut di banjar negari maka di usulkan untuk membeli barungan semarapegulingan tersebut.

Kegunaan gamelan tersebut tidak jauh dari upacara yadnya atau odalan, dan selain itu digunakan untuk memeriahkan acara ulangatahun atau pelantikan pemuda pemudi yang ada di banjar negari, selain untuk odalan dipura semara pegulingan di gunakan untuk ngayah di puri negari.

cekpung

Pengertian cekepung

Cekepung merupakan seni cokal yang awalnya ditemukan di lombok.

Cekepung dari kata cek dan kepung. Kata-kata itu dipilih karena candetan bunyi cek dan suara pung yang kegunan nya sebagai tempo dan cek yang kegunaan nya sebagai pariasi candetan.

Adapun ciri-ciri dari cekepung:

  1. Diawali oleh satu orang dan langsung diikuti oleh orang lain
  2. Selain vokal cekepung biasanya cekepung menambahkan instrumen gamelan seperti kendang,suling dan tawo-tawo
  3. Ada kata-kata yang tidak ada artinya namun memberi warna suara yang sesuai.

pengetian rengganis

Pengertian dari renggamis

Rengganis yaitu suatu seni vokal yang berasal dari bali, Rengganis berasal dari kata  reng dan ganis yang berarti reng ane manis menurut yang saya dengar, rengganis ini terdengar seperti kidung yang diambil dari lontar. Didalam nyanyian rengganis ini mengambil cerita yaitu raden mantri.

Medelokan atau menjenguk rekan yang akan menikah

Menurut yang saya pahami medelokan atau menjeguk rekan-rekan yang dulunya ikut serta dalam aktifitas berorganisasi kepemudaan dan sekarang menjalani hidup baru atau bisa di sebut dengan nikah kita seluruh rekan-rekan pemuda akan melalukan medelokan atau menjenguk pemuda yang akan menempuh hidup baru pada waktu malam sebelum besoknya acara pernikahan tersebut di lakukan kami seluruh organisasi pemuda kan mendatangi rumah memplai tujuan kita melakukan medelokan ini adalah ungkapan rasa terimakasi atas partisipasi didalam berkeorganisasian pemuda dan supaya keharmonisan akan tetap terjaga dan apabila tenaga pemuda yang sudah nikah tersebut di perlukan supaya bisa digunakan lagi dalam keorganisasian pemuda adapun tujuan yang lagi satu dalam aktifitas medelokan atau menjaguk tersebut adalah menghibur dan meramaikan rumah mempli dalam satu malam, adapun rentettan acara dalam medelokan tersebut yaitu:

  1. Pembukaan
  2. Sambuttan dari ketua pemuda dan mengucapkan terimakasi
  3. Penyerahan kenang-kenangan
  4. Sambuttan dari memplai
  5. Sambuttan dari keluarga
  6. Hiburan
  7. Penutup

Adapun penjelasan dalam susunan acara tersebut yaitu: penjelasan dari pembukaan yang di bawakan oleh pembawa acara (MC) yang membuka acara tersebut dan menghaturtan pujisyukur dan menghaturkan panganjali umat. Adajuga acara yang kedua yaitu sambutan dari ketua pemuda sekaligus mengucapkan selamat menempuh hidup baru dan mengucapkan terimakasi yang sebesar-besarnya atas partisipasinya dalam ikut serta di kegiatan kepemudaan, apabila tenaganya di butuhkan di kegiatan pemuda, ketua pemuda mengharapkan bantuan dari rekan-rekan yang sudah menempuh hidup baru tersebut.