Ogoh-Ogoh Gumoong

This post was written by adesastrawijaya on April 26, 2018
Posted Under: Tak Berkategori

GUMOONG, adalah siluman kerbau yang ada di cerita Sungokong. GUMOONG yang menjadi musuh Gokong pada masa itu, namun sekarang mereka berteman baik saat GUMOONG masuk ke perguruan yang sama denga Gokong, mereka pun berteman sangat dekat, bahkan saling menganggap sebagai saudara. Saking dekatnya, mereka memunyai banyak persamaan, sama-sama matakeranjang, meskipun GUMOONG sudah memiliki istri yang cantikyaitu putrid kipas. Taklupa gerak gerik mereka pun hampis sama, contohnya kebo yang bergaya seperti monyet, ataupun sebaliknya.

Ogoh-ogoh ini terinspirasi dari flem Sungokong, namun dikemas dalam versi balinya. Ogoh-ogoh ini digarap dengan baik oleh St. TARUNA KARYA Br. KEBON singapadu. yang diberi judul GUMOONG.

 

Awal pembuatan ogoh-ogoh ini beasal dari dorongang tekat dan semangat dari Stt (seke truna), awalnya rapat Stt, disitu muncul keinginan untuk membahas tentang ogoh-ogoh. Kenapa mengambil tema GUMOONG siluman kerbau, karena saya sebagai pemokok utama pembuat ogoh-ogoh tersebut ingin membuat perkombinasian hindu budha, kenapa hindu budha, karena hindu dan budha mempunyai ikatan yang sangat kuat dari dulu, dan kami ingin memperkuat ikatan tersebut dengan membuat ogoh-ogoh Gumoong yang ada di cerita Sungokong. Untuk melihatkan lebih jelas perkombinasian Hindu Budha tersebut, kami mengemasnya dengan versi Balinya. Demikian yang dapat saya jelaskan tentang deskripsi yang saya buat ini.

Penjelasan tentang baleganjur yang mengiringi

 

Proses pembuatan beleganjur di mulai dari kurang lebih 1minggu sebeluh hari H. alat yang di gunakan seperti beleganjur biasanya,namun dikemas dengan nuansa yang berbeda. Alat yang di gunakan antara lain:

  • 7 buah kendang (3 kendang cedugan, 2 kendang krumpungan, 2 kendang angklung), di kemas seperti perkusi dengan cara di pukul seperti drum, dipukul oleh 2 orang.
  • 4 buah tawa-tawa, dipukul oleh 2 orang dengan tehnik ngotek seperti riong.
  • 10 cakup ceng-ceng, dengan memakai tehnik cek 2 dan cek 3.
  • 1 buah kajar.
  • 1 buah kempur, di pukul menggunakan 2 panggul, dengan posisi di rebahkan.
  • 1 buah bende, dipukul menggunakan 2 panggul dengan posisi direbahkan.
  • 2 buah gong lanang wadon.

 

Yang menjadi composer pembuat tabuh beleganjur ini adalah Bapak I Wayan Darya SS.n. beleganjur yan di buat oleh composer adalah beleganjurngarap seperti biasanya hanya nuansanya yang berbeda karena pemakaian alat yang tidak seperti biasanya.

 

Peran dan keterlibatan saudara dalam kegiatan

 

Peran dan keterlibatan saya adalah, kebetulan saya yang di percaya sebagai pemokok utama dalam prosen pembuatan ogoh-ogoh. Di bantu juga oleh anggota stt yang lain, bahkan anggota banjar yang lebih tau ikut turun membantu proses pembuatan ogoh-ogoh. Tetapi proses pembuatan sebagian besar kepada saya, karena saya yang dipercaya oleh anggota lainnya. Itu keterlibatan saya dalam prosen pembuatan ogoh-ogoh. Keterlibatan saya di beleganjur sya sebangai pemain tawa-tawa. Saya dapan memukul 2 buah pencon tawa-tawa dan yang lagi 2 di pukul oleh teman saya.

 

Add a Comment

required, use real name
required, will not be published
optional, your blog address