Tari Kecak

Tari Kecak biasa disebut Tari Cak atau tari api. Tarian ini merupakan tarian pertunjukkan hiburan masal yang menggambarkan seni peran dan tidak diiringi oleh alat musik atau gamelan. Namun, hanya diiringi oleh paduan suara sekelompok penari laki-laki berjumlah sekitar 70 orang yang berbaris melingkar memakai kain penutup kotak-kotak berbentuk papan catur. Tarian ini sangat sakral, terlihat dari penarinya yang terbakar api, namun mengalami kekebalan dan tidak terbakar.

Tari Kecak juga sering disebut Tari Sanghyang yang dipertunjukkan sewaktu-waktu untuk upacara keagamaan. Penari biasanya kemasukan roh dan bisa berkomunikasi dengan para dewa atau para leluhur yang telah disucikan. Penari tersebut dijadikan sebagai media untuk menyatakan sabda-Nya. Saat kerasukan, mereka juga akan melakukan tindakan yang di luar dugaan, seperti melakukan gerakan berbahaya atau mengeluarkan suara yang mereka tidak pernah keluarkan sebelumnya.

ASAL MULA NAMA KECAK

Wayan Limbak merupakan sosok yang menciptakan Tari Kecak. Pada tahun 1930, Limbak sudah mempopulerkan tarian ini ke mancanegara dan dibantu oleh Walter Spies, pelukis asal Jerman. Para penari laki-laki yang menari kecak akan meneriakkan kata ‘cak cak cak’. Dari situlah nama Kecak tercipta. Selain teriakan tersebut, alunan musik Tari Kecak juga berasal dari suara kincringan yang diikatkan pada kaki penari pemeran tokoh-tokoh Ramayana.

 

Di dalam lingkaran, para penari lainnnya beraksi. Mereka memainkan tarian yang diambil dari episode cerita Ramayana yang berusaha menyelamatkan Shinta dari tangan jahat Rahwana. Tak jarang, Tari Kecak juga melibatkan pengunjung yang tengah menonton aksi tarian tersebut.

MEMILIKI BANYAK FUNGSI DAN PESAN MORAL

1. MENGANDUNG NILAI SENI TINGGI

Meskipun nggak diiringi musik atau gamelan, tapi Tari Kecak tetap terlihat indah dan kompak. Gerakan yang dibuat para penarinya bisa tetap seirama! Itulah yang membuatnya bernilai seni tinggi dan dicintai oleh para turis. Meskipun turis yang menonton Tari Kecak bukan beragama Hindu, namun mereka tetap senang menonton Tari Kecak. Rasanya seperti ada yang kurang kalau ke Bali nggak nonton Tari Kecak!

2. BELAJAR MENGANDALKAN KEKUATAN TUHAN

Di Tari Kecak, ada adegan di mana Rama meminta pertolongan pada Dewata. Hal itu membuktikan bahwa Rama memercayai kekuatan Tuhan untuk menolomg dirinya. Tari Kecak juga dipercaya sebagai salah satu ritual untuk memanggil dewi yang bisa mengusir penyakit dan melindungi warga dan kekuatan jahat. Dewi yang biasanya dipanggil dalam ritual tersebut adalah Dewi Suprabha atau Tilotama.

3. BANYAK PESAN MORAL

Tari Kecak memiliki cerita mendalam dan menyampaikan pesan moral untuk penontonnya. Seperti, kesetiaan Shinta pada suaminya Rama. Juga Burung Garuda yang rela mengorbankan sayapnya demi menyelamatkan Shinta dari cengkeraman Rahwana. Dari cerita itu, kita juga diajarkan agar tidak memiliki sifat buruk seperti Rahwana yang serakah dan suka mengambil milik orang lain secara paksa.

PERNAH MENDAPAT REKOR MURI

Pada 25 Februari 2018 kemarin, Tari Kecak juga sempat mendapatkan penghargaan dari MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) karena berhasil membuat pertunjukkan Tari Kecak di Pantai Berawa dengan penari sebanyak 5555 orang yang melibatkan siswi dan siswa Kabupaten Badung, Bali. Penilaian tersebut bukan hanya bicara angka yang besar. Namun karena Tari Kecak adalah tarian unik satu-satunya di Indonesia dan tidak dimiliki negara mana pun.

Sejarah Baleganjur

Dalam artikel Babad Bali, Gamelan Beleganjur dijelaskan dapat dimainkan dalam tempo cepat atau sedang dan pelan.

Barungan ini ada kalanya dilengkapi dengan sebuah tawa-tawa. Sementara cengceng dimainkan secara kakilitan atau cecandatan, dengan pola ritme yang bervariasi dari pukulan besik atau negteg pukulan “telu” dan “nenem” di mana masing-masing terdiri dari pukulan polos (sejalan dengan mat), sangsih (disela-sela mat), dan sanglot (di antaranya). Sama hanya dengan cengceng, gilak dari reyong menjadi satu-satunya kelompok instrumen pembawa melodi baik cepat, sedang maupun lambat.

Perkembangan beleganjur menurut kutipan dari Lomba Beleganjur se-Bali, Rangkaian Festival Seni Budaya Badung, perkembangannya begitu pesat di Bali yang merupakan satu diantara musik pukul gamelan tradisional Bali yang banyak peminatnya menjadi salah satu primadona Festival Seni Budaya ke-5 Kabupaten Badung.

Dari berkesenian ini banyak lahir seniman-seniman baru yang memberikan warna tersendiri dalam olah harmoni dan keindahan ketukan mengolah alat pukul tradional ini.

Perpaduan kendang, kempul dan cengceng yang begitu serasi dan energik dipadukan dengan gerak tari penarinya membuat Beleganjur selalu ramai dan menjadi ikon setiap perhelatan Festival Seni Budaya Badung.

Dimana belakangan ini seniman-seniman berkesenian beleganjur selalu menyajikan sajian yang begitu atraktif antara keharmonisan gerak tari dan keserasian tabuhnya yang penuh dengan nilai seni yang luhur.

Selain digunakan dalam ritual keagamaan, festiva dan lomba – lomba, arak-arakan ogoh-ogoh seperti yang dikutip dalam artikel dphotostudio.net/ogoh-ogoh/, juga diiringi dengan gambelan beleganjur, para pemuda dan pemudi wajib untuk ikut dalam prosesi ini, para pemuda membawa ogoh-ogoh dipundak mereka dan para pemudi membawa obor serta para orang tua mengiringi dengan beleganjur dan di setiap perempatan.

Tari Kebyar Terompong

Tari kebyar terompong merupakan suatu tarian yang memadukan unsur tarian dan gambelan. Tergolong tari kreasi baru, diciptakan oleh I Ketut Marya pada tahun1925. Tercipta ketika I Ketut Marya spontan menari saat diiringi gambelan kebyar

Tarian ini merupakan tarian tunggal oleh seorang laki lakiakan menari sambil menggunakan kipas (kepet) dan di iringi oleh suara gambelan . setelah itu penari akan menari sambil memaikan gambelan yang di sebut “terompong”. Selanjutnya penari akan kembali memainkan kipas untuk mengakhiri tariannya. Tarian ini terkenal karena memukau penontonnya.

 

Gerak tari kebyar trompong :

Tari kebya trompong di bagi mnjadi beberapa babak yaitu:

  1. Pepeson : bagia awal dari sebuah tarian ketika penari baru memasuki panggung. Ragam ragam gerak tari yang ada pada bagian ini adalah:
  • ngandang – ngandang
  • mejalan ngiser
  • nanjung
  • ngaliput
  1. bagian pengadeng : bagian setruktur tari yang di iringi oleh music yng pelan, di bagian ini penari akan menari sambil bermain terompong. Ragam gerak pokok yang ada pada bagian ini adalah:
  • ngagem
  • ulap-ulap
  • luk ngalimat
  • nyeledet
  • nyegut
  • nglieg

 

  • nyemak kancut
  • ngirig
  • ngengkleng
  • ngumbang
  • masila ngebatin kamen
  • nyeregseg negak
  • ngepik ngotang
  • nyalud ngebat
  1. bagin pengucek: bagian tari ini bersifat penghubung atau transisi biasanya terdapat pada tari kekebyaran. Ragam gerak pokok yang ada pada bagian ini
  • ngebyar / ngucek
  • ngagem bapang
  • ngengsog
  • mekipekan
  • nyemak dan ngentungan kancut
  1. bagian tetayogan : tetayogan yaitu berjalan dengan melangkah yang jauh pada hitunga ke 6 dan 8 yang sifatnya lebih dari ngandang- ngandang.
  • Nayog
  • Nepuk dada
  • Mles dada
  • Nyeledet natit
  1. Bagian pengecet : pengecet adalah bagian struktur tari yang diberisikan gerak-gerak tari yang lincah dan dinamis. Pengecet biasanya menempel dengan pengawak di sebuah tarian
  • Ngaras
  • Nyakub bawa
  • Ngeseh ngejat pala
  • Metajek lantang
  • Ngaliput mebading
  • Nyogok miles
  • Metajek nyakub bawa

 

Tata busana

kostum merupakan salah satu unsure terpenting dalam pementasan seni tari . dengan busana yang di pakai pada saat pementasan tari akan mempertegas karakter yang di ekpresikan oleh penari, sehingga memperindah penampilan penari.

 

Kostum tari kebyar tetompong

  • Kamen prada
  • Sabuk lilit prada
  • Tutup dada
  • Ampok ampok
  • Badong kain
  • Badong lenter
  • Gelang kana
  • Rumbing
  • Udeng
  • Bunga udeng
  • Bunga kuping

Aksesoris tari kebyar duduk

  • Kipas (kepet)

Music iringan

            Hampin semuan tarian memiliki instrument music iringan. Pada tari kebyar trompong  iringan nya hampir sama iringannya dengan tari kebyar duduk, hanya yang membedakannya tari kebyar trmpong menggunakan intrumen terompung, sedang kan di kebyar duduk tidak mnggunakan intrumen terompong. Pada umumnya tarian kebyar terompong menggunakn jenis instrument gong kebyar. Gambelan gong kebyar adalah salah satu gambelan yang banyak menggunakan jenis instrument, yang secara umum dapat dikelompokan  menjadi 2 jenis, yaitu instrument berbilah dan berpencon. Perangakat gambelan juga mempunyai bentuk berbeda dengan gambelan lainya terutama dalam bentuk tungguhannya, jumlah, jenis tungguhan dan pelarasnya. Barungan gong kebyar dapat dibagi menjadi 3 :

  1. Utama: yang besar dan lengap
  2. Madya: yang semi lengkap
  3. Nista: yang sederhana

 

Keindahan Alam Indonesia Terutama Bali

Indonesia merupakan Negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Marauke. Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia. Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia dari darat hingga laut. Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Selain keindahan yang disajikan ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui seperti flora dan fauna yang sangat eksotis.

 

 

Alam Indonesia yang paling terkenal di mancanegara adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai semakin melimpah ruah. Keindahan dunia bawah laut juga menjadi buruan wisatawan untuk masuk kedalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia. Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia antaranya yang paling terkenal adalah Lampung, Bali dan Raja Ampat. Contihnya di pulau BALI yng terkenal dengan keindahan pantainya. Contohnya pantai kuta, lovina, sanur dan banyak lagi, hingga membuat BALI terkenal dengan pantainya yang indah.wisatawan pun banyak datang kebali hanya untuk melihat keindahn pulau BALI. Selain pantai, seni budaya dan tradisi yang ada di bali sangat berperan dalam keindahan di pulau BALI. Misalnya tradisi yang ada di tenganan karangasem dengan tradisi perang pandannya yang di kenal oleh banyak wisatawan luar. Taklupa juga kesenianya, contohnya kesenian karawitan. Banyak juga wisatawan luar yang ingin belajar karawitan bali, banyak juga yang belajar seni tari, karena kesenian dan budaya di bali sangat membuat wisatawan asin ingin tau dan sangat penasaran. Karena itu banyak terlihat wisatawan asing ngayah menabuh aau menari di pura-pura di bali.

 

 

 

Selain keindahan pantai dan seni budaya, Indonesia juga merupakan negara dengan hamparan hutan terbesar di Dunia. Oleh sebab itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia karena 1/3 hutan di Dunia terdapat di Indonesia. Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu dipertanyakan lagi karena memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan terhipnotis. Misalnya alas kedaton yang ada di tabanan. Daya tarik utama di alas kedatan tak lain dengan kera-kenranya yng berjumlah sangat banyak yng tekenal sangat jahil. Taklupa juga dengan objek wisata dengan peestarian hewan-hewan yaitu bali zoo yang terletak di singapadu gianyar, yang terkenal dengan koleksi binatang yang sangat beragam jenisnya, sehingga banya dikunjungi oleh wisatawan domestic maupun wisatawan asing. Pada libular sekolah kebun tersebut menjadi tujuan untuk study tour terutama bagi anak-anak sekolah TK maupun sekolah dasar (SD).

 

Selain itu bali juga di kenal dengan karya seninya. Banyak sekali hasil karya seni yang dihasilkan dari tangan-tangan warga lokal  yang tentunya sangat menarik dan unik. Biasanya karya-karya tersebut dipajang disebuah gallery seni yang banyak ditemukan di kawasan-kawasan wisata di bali. Dunia kulinernya pun juga sangat beragam. Jadi apabila ada yang berkunjung akan menemukan berbagai macam-macam hidangan mulai dari hidangan khas bali, nusantarabahkan manca Negara semua ada di bali. Sebagian besar masyarakat BALI menganut keyakinan atau agama hindu,dan bias dikatakan masyarakat bali sangat taat dalam beragama. Kebanyakan dar imereka mendidikasikan hidupnya dalam upacara adat, yang bertujuan untuk memelihara kedamaian dunia. Tidak heran pulau BALI banyak menyimpan keunikan yang menjadikan kejutan bagikita yang belum mengenal BALI.

 

Ogoh-Ogoh Gumoong

GUMOONG, adalah siluman kerbau yang ada di cerita Sungokong. GUMOONG yang menjadi musuh Gokong pada masa itu, namun sekarang mereka berteman baik saat GUMOONG masuk ke perguruan yang sama denga Gokong, mereka pun berteman sangat dekat, bahkan saling menganggap sebagai saudara. Saking dekatnya, mereka memunyai banyak persamaan, sama-sama matakeranjang, meskipun GUMOONG sudah memiliki istri yang cantikyaitu putrid kipas. Taklupa gerak gerik mereka pun hampis sama, contohnya kebo yang bergaya seperti monyet, ataupun sebaliknya.

Ogoh-ogoh ini terinspirasi dari flem Sungokong, namun dikemas dalam versi balinya. Ogoh-ogoh ini digarap dengan baik oleh St. TARUNA KARYA Br. KEBON singapadu. yang diberi judul GUMOONG.

 

Awal pembuatan ogoh-ogoh ini beasal dari dorongang tekat dan semangat dari Stt (seke truna), awalnya rapat Stt, disitu muncul keinginan untuk membahas tentang ogoh-ogoh. Kenapa mengambil tema GUMOONG siluman kerbau, karena saya sebagai pemokok utama pembuat ogoh-ogoh tersebut ingin membuat perkombinasian hindu budha, kenapa hindu budha, karena hindu dan budha mempunyai ikatan yang sangat kuat dari dulu, dan kami ingin memperkuat ikatan tersebut dengan membuat ogoh-ogoh Gumoong yang ada di cerita Sungokong. Untuk melihatkan lebih jelas perkombinasian Hindu Budha tersebut, kami mengemasnya dengan versi Balinya. Demikian yang dapat saya jelaskan tentang deskripsi yang saya buat ini.

Penjelasan tentang baleganjur yang mengiringi

 

Proses pembuatan beleganjur di mulai dari kurang lebih 1minggu sebeluh hari H. alat yang di gunakan seperti beleganjur biasanya,namun dikemas dengan nuansa yang berbeda. Alat yang di gunakan antara lain:

  • 7 buah kendang (3 kendang cedugan, 2 kendang krumpungan, 2 kendang angklung), di kemas seperti perkusi dengan cara di pukul seperti drum, dipukul oleh 2 orang.
  • 4 buah tawa-tawa, dipukul oleh 2 orang dengan tehnik ngotek seperti riong.
  • 10 cakup ceng-ceng, dengan memakai tehnik cek 2 dan cek 3.
  • 1 buah kajar.
  • 1 buah kempur, di pukul menggunakan 2 panggul, dengan posisi di rebahkan.
  • 1 buah bende, dipukul menggunakan 2 panggul dengan posisi direbahkan.
  • 2 buah gong lanang wadon.

 

Yang menjadi composer pembuat tabuh beleganjur ini adalah Bapak I Wayan Darya SS.n. beleganjur yan di buat oleh composer adalah beleganjurngarap seperti biasanya hanya nuansanya yang berbeda karena pemakaian alat yang tidak seperti biasanya.

 

Peran dan keterlibatan saudara dalam kegiatan

 

Peran dan keterlibatan saya adalah, kebetulan saya yang di percaya sebagai pemokok utama dalam prosen pembuatan ogoh-ogoh. Di bantu juga oleh anggota stt yang lain, bahkan anggota banjar yang lebih tau ikut turun membantu proses pembuatan ogoh-ogoh. Tetapi proses pembuatan sebagian besar kepada saya, karena saya yang dipercaya oleh anggota lainnya. Itu keterlibatan saya dalam prosen pembuatan ogoh-ogoh. Keterlibatan saya di beleganjur sya sebangai pemain tawa-tawa. Saya dapan memukul 2 buah pencon tawa-tawa dan yang lagi 2 di pukul oleh teman saya.