PENGANTAR DASAR ILMU ESTETIKA

  • Keindahan

Keindahan berasal dari kata “indah”.Pada umumnya yang disebut “indah” adalah sesuatu yang dapat menimbulkan dalam jiwa rasa senang, tenang, dan timbul keinginan untuk menikmati kembali. Kita dapat menggolongkan hal-hal indah dalam 2 golongan yakni: hal-hal alam dan hal-hal yang diciptakan oleh manusia.

  • Estetika

Ilmu Estetika adalah ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu tentang keindahan. Misalnya apakah artinya “indah”?, apakah yang menumbuhkan rasa indah?, dari mana datangnya rasa indah itu?, dll. Pertanyaan-pertanyaan seperi itu merangsang manusia unuk berfikir dan mengadakan penelitian.

  • Estetika Instrumental Ruang Lingkup

Dalam hal ini kita diarahkan untuk memperoleh pengertian tentang aspek yang terkandung dalam kesenian sebagai unsur estetik yang akan mampu mendorong perkembangan dari bidang kesenian. Benda atau peristiwa kesenian mengandung 3 aspek yang mendasar yaitu: wujud/rupa, bobot/isi dan penampilan/penyajian.

  • Wujud

Wujud dapat dibedakan menjadi 2 yaitu: kenyataan yang nampak secara kongkrit (dapat dipersepsi dengan mata/telinga) dan kenyataan yang tidak nampak secara kongkrit,tetapi secara abstrak wujud itu dapat dibayangkan.

  • Bobot

Bobot dari suatu karya seni adalah “isi atau makna” dari apa yang disajikan kepada pengamat. Bobot ini dapat ditangkap secara langsung dengan panca indra atau secara tidak langsung setelah menghayati dari yang ditangkap secara langsung.

  • Penampilan

Penampilan adalah perwujudan yang dinikmati oleh masyarakat/penonton yang merupakan hasil akhir dari proses mulai dari dorongan, ilham, pencitaan dan perencanaan.

  • Kreasi dan Produksi

Dalam perwujudan karya seni terdapat 2 macam proses yang berbeda secara mendasar :

–          Kreativitas, yang menghasilkan kreasi baru.

–          Produktivitas, yang menghasilkan produksi baru yang merupakan ulangan dari apa yang telah terwujud.

  • Menikmati Keindahan Kesenian

Menikmati keindahan merupakan sesuatu di dalam jiwa manusia yang merupakan proses psikologis dan spiritual mulai dari penangkan rangsangan oleh panca indra sampai dengan tahap evaluasi.

Oleh :

Dr. A.A. M. DJELANTIK

Comments are closed.